Bahaya Simpan Daging Terlalu Lama di Lemari Es

http://www.mediaindonesia.com/mediahidupsehat/spaw/uploads/images/article/image/2011_11_21_09_04_20_Daging.jpgAHLI kesehatan asal Pakistan menyarankan sebaiknya daging tidak disimpan di lemari es lebih dari 10 hari. Bila terlalu lama berada di lemari es, protein dalam daging akan hancur dan kebersihannya akan berkurang. Ini dapat menyebabkan keracunan makanan dan komplikasi gastrointestinal.

"Selalu gunakan daging segar dan sehat untuk menghindari penyakit gastrointestinal karena komplikasi tersebut dapat menyebabkan gangguan fungsi hati, ginjal, dan otak," kata Waseem Khawaja dari Pakistan Institute of Medical Sciences Gastrologist seperti dikutip dari Associated Press, pekan ini.

Khawaja mengatakan penyebab utama penyakit pencernaan biasanya karena konsumsi daging tidak sehat dan makanan yang dimasak dengan proses yang salah sehingga bakteri berkembang dengan cepat dalam daging tersebut.

Penyakit di hati dapat menyebabkan hepatitis dan gangguan liver yang bisa berakibat fatal pada stadium lanjut, kata Khawaja. Ia mengatakan daging hewan yang sakit tidak mengandung protein dan vitamin apa pun. Tak pelak mengonsumsi daging semacam itu bisa menjadi sumber penyakit pada manusia.

Daging tersebut juga dapat menyebabkan 'botulism' yakni sebuah penyakit yang melumpuhkan usus dan menyebabkan diare pada anak-anak yang pada akhirnya bisa mengakibatkan kematian.

Oleh karena itu, Khawaja meminta masyarakat untuk tidak terlalu sering makan makanan dari hotel, warung, atau tempat-tempat terbuka.

sumber media Indonesia

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment