Awas, Kulkas Kita Penuh dengan Bakteri Berbahaya

http://static.liputan6.com/201108/110807ckulkas.jpgSiapa sangka ternyata kulkas di rumah kita yang selama ini dianggap bisa menyimpan makanan agar lebih awet dari pembusukan, termyata justru berbahaya bagi kesehatan.

Penelitian yang dilakukan oleh salah satu perusahaan Eropa menemukan jika lemari pendingin makanan dan minuman itu mengandung banyak bakteri berbahaya. Hasilnya, beberapa kompartemen kulkas diyakini berisi sejumlah besar patogen. Masalah terbesar penyebab banyak bakteri itu akibat alat yang terhubung dengan kotak untuk buah-buahan dan sayuran.

Penelitian yang dilakukan terhadap kulkas dengan cara memeriksa 30 kulkas milik warga. Ternyata kulkas-kulkas tersebut mengandung rata-rata 7.850 unit pembentuk koloni bakteri persentyimenter persegi. Dalam kasus yang jarang, jumlah mereka hingga mencapai proporsi raksasa, 129 ribu untuk 1 cm persegi. Kotak-kotak itu ternyata memiliki bakteri berbahaya seperti, E. coli, salmonella, dan Listeria.

Meskipun bakteri tersebut tidak bisa langsung hilang, tapi cara paling ampuh untuk menghentikan perkembangannya adalah menjaga kebersihan kulkas dengan mencucinya. Dengan begitu, bakteri pada lemari es tidak akan bisa berkembang biak. Ingatlah untuk mencuci lemari es Anda. Hal itu sangat penting untuk kesehatan Anda


dari berbagai sumber

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment