6 ‘bahaya’ di pusat kebugaran

(duniafitnes.com)
Ternyata ada banyak cara pusat kebugaran yang bisa membuat Anda sakit dan ruang ganti mungkin bukan tempat aman dari bakteri. Untuk mencegah sakit, pastikan Anda menghindari kebiasan tidak sehat yang mungkin sering Anda lakukan saat berada di pusat kebugaran:

1. Jangan duduk tanpa memakai alas

Pikir dua kali sebelum Anda duduk di kursi yang umumnya tersedia di ruang ganti, siapa yang tahu bakteri apa saja yang ada di permukaan bangku itu. Kita tidak tahu seberapa sering bangku ini di disinfektasi atau orang dengan pakaian yang basah duduk di situ dan bahkan sepatu olahraga di tempatkan di bangku itu. Jadi, sudah tentu itu bukan tempat terbersih untuk diduduki. Lindungi diri dengan menempatkan alas di atas bangku sebelum Anda duduk untuk menghindari infeksi yang bisa menyebar karena persentuhan kulit.

2. Duduk di bangku toilet

Toilet Umum bukanlah lingkungan terbersih, jadi ingatkan diri untuk tidak duduk langsung di toilet yang ada. Hindari kontak pada saat buang air dengan posisi sedikit membungkuk di atas toilet atau gunakan penutup toilet yang disediakan. Setelah selesai, segeralah keluar dari toilet dan cuci tangan Anda untuk menghindari bakteri dan virus yang mungkin beterbangan.

3. Berada di sauna terlalu lama

Keuntungan dari sauna sangat banyak, bisa merelaksasi ketegangan dan kelelahan otot, membantu jantung Anda, mengurangi stress dan kemungkinan menyembuhkan gejala demam yang Anda miliki. Tapi batasi waktu di sauna hanya 15-20 menit saja untuk menghindari panas berlebihan.

Tanda-tanda dari menderita panas berlebihan termasuk kelelahan, demam, pusing, sakit kepala atau kram perut. Jika Anda mengalami hal seperti ini, segera keluar dan minum banyak air.

4. Pergi dengan pakaian basah

Setelah olahraga, pastikan Anda mengganti pakaian basah Anda. TIdak hanya menimbulkan bau tidak sedap, tapi juga pakaian yang hangat dan lembab merupakan tempat bagus untuk pertumbuhan bakteri. Terutama pada tubuh bagian bawah karena pakaian basah akan meningkatkan infeksi jamur. Ganti pakaian olahraga Anda dengan pakaian yang lebih kering, tapi lebih baik lagi setelah berolahraga Anda sebaiknya mandi.

5. Minum dari air pancuran

Mencoba untuk rehidrasi pada saat mandi?Tidak hanya air pancuran di kamar madi merupakan tempat berkembang biak bagi bakteri, tapi juga air panas mungkin tidak aman untuk diminum karena mungkin saja tangki air merupakan tempat di mana bakteri tumbuh. Jika Anda membutuhkan minum, maka minumlah air dari air mineral yang Anda bawa sendiri.

6. Mandi dengan kaki telanjang

Karena banyak orang di pusat kebugaran menggunakan pancuran untuk mandi dan lingkungan yang hangat sangat disukai oleh jamur dan virus, maka hindari bersentuhan langsung dengan lantai kamar mandi dengan menggunakan sendal jepit saat mandi.
dari berbagai sumber

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment