Anak Muda Jerman Tak Minat Miliki Mobil

 http://static.liputan6.com/201110/111026bremaja-jerman.jpg
Ada yang aneh dengan anak muda Jerman. Di negara lain, banyak anak muda yang berlomba ingin miliki mobil, di negeri pembuat Marcedes Bez, BMW dan VW ini, malah kebalikannya. Menurut peneliti Karlsruhe Institute of Teknologi (KIT), Martin Kagerbauer, generasi Jerman yang berusia di bawah 30 tahun makin tak tertarik dengan kendaraan.

Penelitian ini berdasarkan analisa yang dilakukan sejak tahun 2004 lalu, sebanyak 1500 orang telah menggunakan moda trasnportasi selama satu pekan di tiap musim gugur. Seperti diketahui, Jerman merupakan negara produsen otomotif terbesar yang memiliki angka penjualan tahunan sekitar 315 miliar euro di tahun 2010.

Kagerbauer mengungkapkan generasi muda Jerman memiliki pandangan tentang tidak terlalu pentingnya memiliki SIM dan kendaraan sejak dini. Hal ini didukung dengan adanya sarana transportasi umum yang sangat baik. "Seperti adanya rental sepeda, belanja on line, jadi faktor orang makin membuat mereka enggan menggunakan kendaraan bermotor". Ujarnya.

Kondisi ini tak buat khawatir bagi produsen mobil. Seperti disampaikan juru bicara Asosiasi Industri Otomotif Jerman, Eckehart Rotter, Semakin banyak orang muda yang selesai kuliah, dan semasa mahasiswa mereka memang tidak perlu kendaraan karena tinggal di lingkungan universitas. " Namun kami tidak kehilangan klien, mereka akan beli kendaraan pada usia yang lebih dewasa," Pungkas Rotter.

sumber:liputan6

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment