61 Ekor Paus Pilot Mati Terdampar di Selandia Baru

61 Ekor Paus Pilot Mati Terdampar di Selandia Baru
(ap photo)
PARA pejabat konservasi Selandia Baru tertanya-tanya dibuat kejadian terdamparnya lebih 61 ekor paus pilot di sebuah pantai terpencil di negara tersebut.
Kawanan paus tersebut mati dalam pendamparan massal itu, ungkap pejabat-pejabat konservasi, Rabu.

Para turis menemukan sekitar 61 paus terdampar Senin di pantai Farewell Spit yang terletak di South Island, papar Department of Conservation (DOC).

Manajer setempat DOC John Mason mengatakan, paus dalam jumlah banyak telah mati dan harapan lain-lainnya yang masih hidup akan terapung kembali saat pasang besar Selasa pupus ketika kawanan paus tadi berenang kembali ke pantai.

Menurut Mason, 18 ekor paus masih hidup pada Rabu pagi dan staf DOC memutuskan menyuntik mati mamalia tersebut daripada memperpanjang derita mereka.

"Itu merupakan hasil terburuk dan bukan pekerjaan menyenangkan yang dilakukan staf kami," papar Mason.

Paus pilot yang bisa memiliki panjang hingga enam meter merupakan species paus paling umum terdapat di perairan Selandia Baru, dengan pendamparan massal terjadi sekira dua atau tiga kali dalam setahun.

Para ilmuwan masih tak pasti mengapa paus pilot mendamparkan diri, walaupun mereka berspekulasi hal tersebut mungkin terjadi ketika sonar mereka jadi kacau di perairan dangkal atau ketika anggota keluarga kawanan sakit menuju pantai maka yang lain jadi mengikutinya
dari berbagai sumber

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment