7 penyakit incar pekerja

(okezone.com)
Fakta bahwa kesehatan terkait dengan pekerjaan kini semakin nyata dan jelas. Bahkan ada penyakit berbahaya yang timbul karena terkait dengan jenis pekerjaan dan tempat bekerja seseorang.

Berikut adalah beberapa penyakit berbahaya dan risiko kesehatan pekerjaan yang hampir dijumpai oleh sebagian besar pekerja, seperti yang dikutip dari Times of India.

1. Turbekolosis (TBC)
Para pekerja di bidang kesehatan memiliki risiko untuk terkena penyakit berbahaya ini. Hal ini berbahaya karena mereka bisa saja tertular dari pasien yang memiliki penyakit ini tapi belum terdeteksi atau belum mendapat penanganan yang tepat.

2. HIV atau Hepatitis B & C
Jika Anda memiliki pekerjaan dalam bidang kesehatan atau gigi, disarankan untuk mengambil langkah-langkah pencegahan tertentu untuk menghindari adanya kemungkinan terkena infeksi yang ditularkan melalui darah. Misalnya seperti, HIV atau hepatitis (B dan C). Penyakit ini dapat terjadi akibat adanya kontak dengan darah atau cairan tubuh lain milik pasien atau rekan kerja.

3. Carpal Tunnel Syndrome
Gangguan kesehatan dengan gejala kesemutan dan nyeri pada tangan, terutama pada 3 jari pertama (ibu jari, telunjuk, dan jari tengah). Gejala itu disebabkan adanya pembengkakan saraf yang melewati terowongan karpal di pergelangan tangan. Penyakit ini kerap diderita oleh mereka yang sering menggunakan pergelangan tangan dalam jangka waktu lama. Cara mengobatinya, cukup lakukan gerakan peregangan tangan seperti, mutarkan pergelangan tangan sebanyak 10 kali searah jarum jam.

4. Asma dan Alergi
Asma akibat Pekerjaan adalah asma yang disebabkan atau diperburuk situasi di tempat kerja seperti iritasi, uap kimia, gas atau debu. Seperti jenis asma lain, pekerjaan dapat menyebabkan gejala asma, seperti dada sesak, mengi dan sesak napas. Penyakit ini terjadi, kemungkinan ada hubungannya dengan warisan sifat-sifat (genetika) atau karena zat-zat tertentu di lingkungan kerja yang terakumulasi dari waktu ke waktu.

5. Contact Dermatitis
Salah satu jenis penyakit kulit paling umum yang ditemukan pada mereka yang bekerja dalam bidang kosmetik, perawatan kesehatan, pelayanan makanan serta bangunan. Penyakit ini dikenal sebagai eksim, kondisi peradangan kulit akibat paparan zat kimia berbahaya secara berulang. Selain itu bentuk umum lainnya dari contact dermatitis akibat pekerjaan ialah, kanker kulit, infeksi kulit dan dermatitis kontak alergi.

6. Kanker
Selain sejarah kesehatan keluarga dan kebiasaan diet yang salah, ternyata risiko terkena kanker juga bisa didapatkan dari lingkungan serta tempat kerja seseorang. Kanker ditandai dengan adanya kondisi kesehatan yang tidak terkendali akibat sel-sel tak normal, dan dapat dipicu dari faktor tempat kerja. Misalnya debu, kulit kayu, bahan kimia seperti benzena serta radiasi industri atau medis tertentu.

7. Bahaya Reproduksi
Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Shanghai, paparan radiasi dan bahan kimia telah terbukti memiliki hubungan dengan sejumlah gangguan pada kehamilan. Misalnya, aborsi, kematian dini, kelahiran prematur dan cacat lahir. Pekerjaan yang membutuhkan waktu lama seperti perawat atau tukang masak, mungkin terlalu berat jika dikerjakan oleh wanita hamil.
sumber

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment