5 Danau Terluas di Indonesia

    Anda pernah mengunjungi Danau Toba? Pastinya Anda akan terkesima saat menyaksikan keindahan dan luas dari Danau yang paling terkenal di Indonesia tersebut. Selain Danau Toba, Indonesia memiliki beberapa danau luas lainnya. Berikut adalah 5 danau terluas di Indonesia:

1. Danau Toba-Sumatera Utara (107.216 ha)
Danau Toba adalah sebuah danau vulkanik yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Danau ini merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir. Danau Toba sejak lama menjadi daerah tujuan wisata penting di Sumatera Utara selain Bukit Lawang dan Nias, menarik wisatawan domestik maupun mancanegara.
Danau Toba (sumber: blogspot)

2. Danau Towuti-Sulawesi Tengah (59.840 ha)
Danau Towuti adalah sebuah danau yang terletak di Sulawesi Selatan, Indonesia. Secara administratif, danau ini terletak di Kecamatan Towuti, Kabupaten Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan. Kawasan Danau Towuti merupakan bagian dari Taman Wisata Alam Danau Towuti, yang dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Selatan, di bawah Departemen Kehutanan Republik Indonesia.
Danau Towuti (sumber: myopera)

3. Danau Sentani-Papua (34.375 ha)
Danau Sentani adalah danau terbesar di Papua yang juga merupakan daerah tujuan wisata paling terkenal di pulau berbentuk kepala burung tersebut. Sentani juga merupakan lokasi pelaksanan festival Sentani yang sangat populer di Papua.

Danau Sentani-Papua (Sumber: likeindonesia)


4. Danau Poso-Sulawesi Tengah (34.280 ha)
Danau Poso merupakan sebuah danau yang terletak di provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia. Tepatnya di Kabupaten Poso. Danau ini terletak pada ketinggian 657 m diatas permukaan laut.
Danau Poso (Sumbaer: lenteratimur)

5. Danau Matana-Sulawesi Selatan (16.640 ha)
Danau Matana adalah sebuah danau yang terletak di Soroako, Kab. Luwu Utara, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Danau ini memiliki kedalaman 590 meter. (**)
Danau Matana (sumber: wordpress)

Sumber: Dari berbagai sumber, 2011

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar