Kurangi Derita Stroke Dengan Musik!

img


Penderita stroke biasanya menjadi tidak awas akan keadaan di sekitar. Mereka menjadi tidak perhatian dan kurang sensitif. Namun dengan musik, hal tersebut dapat dikurangi.

Hal itu disampaikan oleh Dr David Soto dari Universitas Imperial London. Menurut hasil penelitiannya, musik dapat mengaktifkan beberapa area otak yang rusak karena stroke.

Penelitian dilakukan terhadap tiga pasien penderita stroke yang telah kehilangan kepekaan mereka terhadap lingkungannya. Ketiganya di tes dengan mendengarkan musik yang mereka suka, musik yang mereka tidak suka, serta tak mendengarkan musik sama sekali.

Ketiganya memiliki daya mengenal bentuk dan warna lebih baik saat mendengarkan musik yang mereka sukai. Saat mendengarkan musik yang mereka sukai, kemampuannya bisa mencapai 65 persen. Sebaliknya saat tak mendengarkan musik atau mendengar musik yang mereka tidak sukai, kemampuannya hanya mencapai 15 persen.

Musik ternyata mampu memberi rangsangan positif bagi otak para penderita stroke itu. Musik dapat mempengaruhi saraf-saraf pasien, juga kesehatan secara fisik dan emosional.

Sumber: http://topikmalam.blogspot.com/2011/09/kurangi-derita-stroke-dengan-musik.html

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment