Motor Klasik di Hargai 6 Miliar

Mantap News-Rumah lelang Philips de Pury & Company baru-baru ini mengumumkan akan melelang satu unit Brough Superior SS100 Alpine prototipe Grand Sport. Motor yang dibangun oleh pembalap motor legendaris sekaligus produsen motor George Brough tersebut akan dilelang di New York minggu depan atau tepatnya 15 Desember.

Motor bersejarah itu akan dilelang dalam pelelangan Masters Design dengan perkiraan harga pra lelang USD600 –700 ribu atau sekira Rp5,46-Rp 6,37 miliar.

Akhir November lalu, satu diantara beberapa Brough Superior 1928 telah dilelang dengan harga Rp4,08 miliar. Kini yang akan dilelang adalah prototipe Brough Superior SS100 Alpine Grand Sport model 1925.

Brough, disebut sebagai sepeda motor yang paling sangat dihargai dan diidam-idamkan sepanjang masa, dibangun antara tahun 1919 dan 1940 oleh George Brough di rumahnya yang berlokasi di Nottingham, Inggris.

Dalam rangka untuk persiapan kejuaraan Alpine Trial Austria 1925, yang berlangsung selama 8 hari, Brough merancang sepeda motor pribadi yakni Alpine Grand Sport (AGS), sebuah SS100 yang sudah dimodifikasi.

Chief Engineer Harold Karslake, yang bertugas untuk meracik mesin pada awal tahun 1925, membuat beberapa penyesuaian penting untuk memperhitungkan trek Alpine yang merupakan perpaduan antar trek lurus dan tanjakan terjal.

Selain memiliki mesin yang kuat, motor ini juga dikenal memiliki desain yang mewah. Sehingga tak berlebihan bila saat itu motor ini disebut sebagai Roll Royce of Motorcycles. Apalagi motor tersebut diproduksi dalam jumlah yang sangat terbatas, sehingga membuat harganya terus melambung tinggi. (fmh)

Artikel Terkait top

No comments:

Post a Comment