Meteor Geminids

Meteor Geminids - Hujan Meteor Geminids merupakan Hujan meteor terbaik tahun 2010 ini. Meteor Geminids dapat kita saksikan mulai pada hari senin pada malam hari sampai  selasa 14/12/2010 dini hari saat fajar menyingsing. Nama hujan meteor
Geminids diambil dari nama gugus bintang Gemini.

Keistimewan Meteor Geminids dibanding hujan meteor lainnya adalah bukan disebabkan oleh partikel debu sisa komet seeprti yang menyebabkan hujan meteor lainny, melainkan sisa-sia asteroid bernama 3200 Pantheon, hal ini ditemukan oleh pra astronom pada thuan 1983. Asteroid 3200 Pantheon mengorbit matahari, menyisakan partikel debu di sepanjang orbitnya. Ketika bumi yang sedang berevolusi memasuki wilayah itu, debu memasuki atmosfer bumi, terbakar, dan menghasilkan kemilau cahaya yang memukau.

Pada saat puncak terjadinya Hujan meteor geminids ini akan terdapata 60-120 meteor, dari jumlah tersebut dapat kita bayangkan hujan meteor kali ini seperti kembang api dari luar angkasa pasti sangat indah.Meteor sendiri akan bergerak dengan kecepatan lebih kurang 35 kilometer per detik.

Gambar Foto Rasi Gemini Tempat terjadinya Hujan Meteor Geminids
Untuk menyaksikan hujan meteor geminids ini juga sangat gampang, kita tinggal melihat ke rasi gemini, posisi rasi gemini terletak di bagian timur pada pukul delapan malam dan akan ternggelam dibagian barat pada pukul enam pagi, artinya pada saat fajar menyingsing kita dapat melihat indahnya hujan meteror ini.

Artikel Terkait berita

No comments:

Post a Comment