Dear agan-agan, hanya mau share aja...
Siang ini (28.10.2012) saya mencuci mobil
murah bertagline "Rp.30.000 cuci+wax+vakum*" di Vic******Carwash
kawasan Jl.Danau Indah raya, Sunter, perbatasan Kelapa Gading-Sunter, JAKARTA
UTARA. Tapi akhirnya malah keluar Rp.340.000 (300rb wiper sepasang, servis
cuci+wax+vakum 40rb)... gara-gara ganti wiper yang "robek", katanya
kemakan usia karena cuaca.
murah bertagline "Rp.30.000 cuci+wax+vakum*" di Vic******Carwash
kawasan Jl.Danau Indah raya, Sunter, perbatasan Kelapa Gading-Sunter, JAKARTA
UTARA. Tapi akhirnya malah keluar Rp.340.000 (300rb wiper sepasang, servis
cuci+wax+vakum 40rb)... gara-gara ganti wiper yang "robek", katanya
kemakan usia karena cuaca.
Kronologinya,Saya dipanggil dari ruang tunggu,
diberitahu dan dipertunjukan robek itu oleh pegawai ketika proses waxing.
Padahal mobil baru saya keluaran Januari 2012, masa wiper spare part ASTRA
sejelek itu, belum setahun udah regas. Lagipula, selama dicuci otomatis, saya
dari dalam mobil memainkan tuas wiper dgn niat spya bagian kaca di bawah wiper
tercuci juga. Saya ingat aliran airnya lancar dan tidak ada masalah dengan
garis airnya, masih sempurna sekali. Terutama ketika saya diperlihatkan tampak
robeknya cuma satu sisi dan "terlalu rapi" utk kategori "regas
dimakan usia". Makanya saya sangat curiga!
Pegawai itu kemudian mengatakan memang wiper 6 bulan sekali harus ganti.
Saya disarankan ganti wiper yang robek itu, karena akan menggores kaca bila
hujan. Jika kaca gores, akan sulit utk memulihkannya. Kemudian saya ditawarkan
produk wiper bengkel tsb, harganya 300rb sepasang. Kemudian pegawai tersebut
pun bersilat lidah mengunggulkan produk wiper bengkel tsb. Karena saya orang
awam, ya saya ambil saja apalagi krn skrg musim hujan dan cuaca hari itu agak
mendung. (belakangan saya diberitahu rekan saya wiper paling mahal 70rb, mohon
info agan-agan otomotif)
diberitahu dan dipertunjukan robek itu oleh pegawai ketika proses waxing.
Padahal mobil baru saya keluaran Januari 2012, masa wiper spare part ASTRA
sejelek itu, belum setahun udah regas. Lagipula, selama dicuci otomatis, saya
dari dalam mobil memainkan tuas wiper dgn niat spya bagian kaca di bawah wiper
tercuci juga. Saya ingat aliran airnya lancar dan tidak ada masalah dengan
garis airnya, masih sempurna sekali. Terutama ketika saya diperlihatkan tampak
robeknya cuma satu sisi dan "terlalu rapi" utk kategori "regas
dimakan usia". Makanya saya sangat curiga!
Pegawai itu kemudian mengatakan memang wiper 6 bulan sekali harus ganti.
Saya disarankan ganti wiper yang robek itu, karena akan menggores kaca bila
hujan. Jika kaca gores, akan sulit utk memulihkannya. Kemudian saya ditawarkan
produk wiper bengkel tsb, harganya 300rb sepasang. Kemudian pegawai tersebut
pun bersilat lidah mengunggulkan produk wiper bengkel tsb. Karena saya orang
awam, ya saya ambil saja apalagi krn skrg musim hujan dan cuaca hari itu agak
mendung. (belakangan saya diberitahu rekan saya wiper paling mahal 70rb, mohon
info agan-agan otomotif)
Eh ternyata bukan cuma saya yang ganti wiper,
hampir sebagian besar mobil antrian stlh saya kompakan ganti wiper... karena
"robek" kemakan usia, kata beberapa pemilik mobil lain yang saya ajak
ngobrol. Lucu ya, mungkin di alam mimpi para pengendara mobil itu sudah janjian
utk ganti wiper di bengkel tsb. Saya
tidak bermaksud menuduh, karena bisa aja kebetulan sebagian mobil yang saya
lihat ganti wiper memang sudah "robek" dan berencana utk
menggantinya. Tapi alangkah baiknya jika kita berjaga-jaga dan berhati-hati.
hampir sebagian besar mobil antrian stlh saya kompakan ganti wiper... karena
"robek" kemakan usia, kata beberapa pemilik mobil lain yang saya ajak
ngobrol. Lucu ya, mungkin di alam mimpi para pengendara mobil itu sudah janjian
utk ganti wiper di bengkel tsb. Saya
tidak bermaksud menuduh, karena bisa aja kebetulan sebagian mobil yang saya
lihat ganti wiper memang sudah "robek" dan berencana utk
menggantinya. Tapi alangkah baiknya jika kita berjaga-jaga dan berhati-hati.
Beberapa TIPS AMAN utk cuci mobil di bengkel:
1.Carilah referensi bengkel dari relasi anda
yg dapat dipercaya. Jika anda pernah mendengar kasus kecurangan di bengkel
langganan anda, ada baiknya berhati-hati karena kemungkinan besar anda calon
korban berikutnya.
yg dapat dipercaya. Jika anda pernah mendengar kasus kecurangan di bengkel
langganan anda, ada baiknya berhati-hati karena kemungkinan besar anda calon
korban berikutnya.
2. Selalu periksa kesempurnaan accesoris
(wiper,spion, antena, dll yg rentan dirusak dgn tangan) dan bodi mobil
(ingatlah posisi kerusakan seperti penyok dan baret). Hal ini penting supaya
anda tidak mendapat “servis tambahan” berupa baret/penyok/kerusakan accesoris
yang sengaja dilakukan. Tapi tenang saja, bilapun anda mendapat “servis
tambahan” ini biasanya pihak bengkel memiliki solusi produk pengganti accesoris
tsb ataupun jasa pemulihan baret/penyok yang anda dapat beli di bengkel tsb.
(wiper,spion, antena, dll yg rentan dirusak dgn tangan) dan bodi mobil
(ingatlah posisi kerusakan seperti penyok dan baret). Hal ini penting supaya
anda tidak mendapat “servis tambahan” berupa baret/penyok/kerusakan accesoris
yang sengaja dilakukan. Tapi tenang saja, bilapun anda mendapat “servis
tambahan” ini biasanya pihak bengkel memiliki solusi produk pengganti accesoris
tsb ataupun jasa pemulihan baret/penyok yang anda dapat beli di bengkel tsb.
3. Ajaklah pihak bengkel utk memeriksa bersama
(point no.2). Ajaklah lebih dari 1 pegawai pihak bengkel, akan lebih baik bila
mengajak pegawai yang akan menangani mobil anda.
(point no.2). Ajaklah lebih dari 1 pegawai pihak bengkel, akan lebih baik bila
mengajak pegawai yang akan menangani mobil anda.
4. Walaupun ada ruang tunggu, akan lebih baik
anda mengawasi sendiri proses penanganan cuci-wax-vakum mobil anda. Saya
percaya anda sebagai pemilik pasti jauh lebih sayang mobil anda ketimbang
pegawai yang menangani mobil anda. Kehadiran anda akan memastikan optimalnya
kinerja pegawai tersebut. Jika kinerjanya memuaskan, jangan segan untuk
memberikan mereka “tips” extra utk kejujuran dan ketulusan mereka merawat mobil
anda.
anda mengawasi sendiri proses penanganan cuci-wax-vakum mobil anda. Saya
percaya anda sebagai pemilik pasti jauh lebih sayang mobil anda ketimbang
pegawai yang menangani mobil anda. Kehadiran anda akan memastikan optimalnya
kinerja pegawai tersebut. Jika kinerjanya memuaskan, jangan segan untuk
memberikan mereka “tips” extra utk kejujuran dan ketulusan mereka merawat mobil
anda.
5. Jika anda memiliki pengalaman cuci mobil
dengan bengkel yang JUJUR, tolong beritahukan kepada relasi, teman, om-tante,
sanak saudara, handai taulan, dan siapapun yang anda kenal. Supaya relasi anda
bisa terhindar dari resiko bengkel NAKAL yang berjanji manis. Bayangkan...
relasi anda menjadi korban bengkel cuci yang nakal, sedangkan anda tahu
pencegahannya. Jangan biarkan hal itu terjadi.
dengan bengkel yang JUJUR, tolong beritahukan kepada relasi, teman, om-tante,
sanak saudara, handai taulan, dan siapapun yang anda kenal. Supaya relasi anda
bisa terhindar dari resiko bengkel NAKAL yang berjanji manis. Bayangkan...
relasi anda menjadi korban bengkel cuci yang nakal, sedangkan anda tahu
pencegahannya. Jangan biarkan hal itu terjadi.
Semoga THREAD ini dapat mencegah kaskuser
menjadi korban bengkel cuci mobil NAKAL.
menjadi korban bengkel cuci mobil NAKAL.
No comments:
Post a Comment