Media sosial adalah media rakyat. Media yang
benar-benar sosial. Dan wajar jika banyak pengguna yang nagih karenanya. Dan
berikut 10 pertanda pengguna yang ketagihan media sosial.
benar-benar sosial. Dan wajar jika banyak pengguna yang nagih karenanya. Dan
berikut 10 pertanda pengguna yang ketagihan media sosial.
1. Gila notifikasi
Setiap kali ponsel bergetar, berkedip, berdering
atau apapun itu, pengguna yang kacanduan langsung sigap. Memeriksa dan mencek
apakah mendapatkan like, mention, retweet, dan lain sebagainya.
atau apapun itu, pengguna yang kacanduan langsung sigap. Memeriksa dan mencek
apakah mendapatkan like, mention, retweet, dan lain sebagainya.
2. Mendadak pakar
Merasa sudah lama ‘menghuni’ dunia media
sosial, tak jarang pengguna menjadi mendadak pakar. Ia memberikan tips, trik,
atau apapun itu terkait dengan media sosial.
sosial, tak jarang pengguna menjadi mendadak pakar. Ia memberikan tips, trik,
atau apapun itu terkait dengan media sosial.
3. Kosa kata
Saking masifnya beraktivitas di media sosial,
pengguna menggunakan kosa kata yang berekosistem media sosial. Misal saja ‘aku
ingin meng-Instagram-kan lokasi ini’ atau ‘pidato kamu sungguh hebat, ingin aku
retweet!’.
pengguna menggunakan kosa kata yang berekosistem media sosial. Misal saja ‘aku
ingin meng-Instagram-kan lokasi ini’ atau ‘pidato kamu sungguh hebat, ingin aku
retweet!’.
4. Menyingkat
Tak ingin ‘rugi’ dengan 140 karakter yang
disediakan oleh Twitter, pengguna cenderung menyingkat kata yang dituliskan.
Bahkan tak jarang singkatan tersebut lebih parah daripada SMS!
disediakan oleh Twitter, pengguna cenderung menyingkat kata yang dituliskan.
Bahkan tak jarang singkatan tersebut lebih parah daripada SMS!
5. Pereferensi
Tiap kali ada pengguna yang bertanya di media
sosial, pecandu media ini langsung mencoba mengatasi problematika yang
dilempar. Misalkan saja ‘kamu harus membaca blog ini …’ atau ‘masalah kamu bisa
diatasi dengan tips ini …’.
sosial, pecandu media ini langsung mencoba mengatasi problematika yang
dilempar. Misalkan saja ‘kamu harus membaca blog ini …’ atau ‘masalah kamu bisa
diatasi dengan tips ini …’.
6. Influencer
Media sosial terkait dengan influencer atau
pengguna yang memiliki pengaruh. Pengguna yang kecanduan pasti sering mencek
apakah ia termasuk influencer atau bukan. Sebut saja di situs TweetLevel
misalnya.
pengguna yang memiliki pengaruh. Pengguna yang kecanduan pasti sering mencek
apakah ia termasuk influencer atau bukan. Sebut saja di situs TweetLevel
misalnya.
7. Raja check-in
Nggak gaul namanya jika tak check-in di lokasi
yang sedang dikunjungi. Pengguna yang kecanduan biasanya berhasrat untuk
menjadi mayor (Foursquare) di lokasi manapun.
yang sedang dikunjungi. Pengguna yang kecanduan biasanya berhasrat untuk
menjadi mayor (Foursquare) di lokasi manapun.
8. Sedekah jempol
Entah ini masuk kategori pengguna alay atau
bukan, umumnya pengguna yang ketagihan gemar bersedekah jempol. Tak peduli
status tersebut menarik atau tidak.
bukan, umumnya pengguna yang ketagihan gemar bersedekah jempol. Tak peduli
status tersebut menarik atau tidak.
9. Cek, cek, cek, dan cek!
Tak ingin ketinggalan update, pengguna akut
pasti selalu mencek ponselnya tiap detik. Dan bahkan ponsel akan selalu
digenggam dimana saja termasuk bila pergi ke kamar mandi!
pasti selalu mencek ponselnya tiap detik. Dan bahkan ponsel akan selalu
digenggam dimana saja termasuk bila pergi ke kamar mandi!
10. Paranoid
Ketika situs-situs media sosial down, pengguna
akan panik seakan dunia mau kiamat. Mereka merasa tak memiliki media lain untuk
menyalurkan hasrat narsisnya.
akan panik seakan dunia mau kiamat. Mereka merasa tak memiliki media lain untuk
menyalurkan hasrat narsisnya.
No comments:
Post a Comment