Perundingan Indonesia Malaysia di Kinabalu

Informasi , Agenda Perundingan Indonesia Malaysia di Kinabalu - Ketegangan antara Indonesia dengan Malaysia terkait perbatasan memasuki meja perudingan. Perundingan dilaksanakan di Kinabalu. Pertemuan antara kedua negara bertetangga ini diwakili oleh menteri luar negeri.

Perundingan ini "terpaksa" dilakukan oleh kedua negara karena beberapa waktu belakangan ini hubungan antara kedua negara kurang harmonis yang dipicu oleh berbagai hal, salah satunya adalah terkait perbatasan laut kedua negara.

Perbatasan laut antara malaysia dan indonesia memanga perlu diperjelas agar kejadian seperti klaim pulau dan dilewatinya batas laut oleh para nelayan tidak terjadi lagi seperti yang baru-baru ini terjadi.

Dalam perundingan ini terkait batas laut, ada 3 agenda yang dibahas , yakni selat Singapura, Laut Cina Selatan dan Selat Sulawesi,sedangkan batas darat sudah dianggap selesai.

Perundingan yang akan digelar ini tercatat sebagai perundingan yang ke-16 antara Indonesia dan Malaysia menyangkut batas wilayah. Kedua negara telah mengadakan perundingan sebanyak 15 kali sejak tahun 2005 hingga Oktober 2009 pada tingkat teknis dan serangkaian pertemuan informal.

Pemuda Indonesia Baru berharap delegasi indonesia bersikap tegas dan jangan mau di dikte oleh Malaysia. Bila pihak Malaysia tetap ngotot memaksakan kehendak, kita juga harus ngotot. Kita tidak suka dengan peperangan, tapai tidak mau hidup tanpa kehormatan. Lebih baik matai dengan hormat dari pada hidup tanpa kehormatan.

Semoga Tuhan Yanga Mahae Esa merestui dan memberkati perundingan ini agar  membawa hasil yang memuaskan bagi kedua belah pihak.

Artikel Terkait berita ,Nasionalisme

No comments:

Post a Comment