Bahaya, Jangan Sampai Baterai Di Telan Anak

MantapNews.blogspot.com - Rasa ingin tahunya yang besar membuat bayi sering menggigit benda-benda kecil yang ditemuinya. Mulai dari mainan, remah makanan di lantai, biji jeruk hingga baterai pun tak luput masuk ke dalam mulutnya. Orangtua jangan sampai lengah karena tak semua benda yang ditelan aman untuk kesehatannya.

Baterai kancing atau baterai yang biasa dipakai untuk arloji dan mainan termasuk benda kecil yang bisa tertelan. Bila bayi tak sengaja menelannya, segera bawa ia ke dokter karena baterai ini sangat berbahaya.

Ketika tertelan, bateri akan tersangkut di bagian esofagus, saluran otot yang mengarah langsung ke lambung, yang membawa makanan dari tenggorok menuju lambung. Interaksi dengan cairan tubuh dengan cepat akan melarutkan senyawa asam dalam baterai dan menyebabkan jaringan esofagus terbakar dan bahaya lainnya.

Dampak buruk baterai kancing yang tertelan ini kembali diingatkan oleh Stanley J.Kimball dari Ohio, Amerika Serikat. Ia menganalisa pemeriksaan 10 pasien anak berusia 10 bulan yang secara tidak sengaja menelan baterai kancing.

Kimball menganalisa 10 kasus tersebut dengan melibatkan pemeriksaan endoskopi dan pemindaian perut. Separuh pasien baru diobservasi menelan bateri setelah menderita batuk, dua pasien yang sudah bisa berbicara mengeluhkan nyeri tenggorokan dan tiga pasien lain didiagnosa secara tidak sengaja di rumah sakit ketika berobat untuk penyakit lain.

Pada anak yang terlambat mendapat perawatan, lapisan esofagus mereka mengalami gangguan cukup parah, bahkan sampai berlubang. Pada satu kasus yang cukup berat, dokter menemukan lubang antara bagian esofagus dan trakea.

Menurut data American Association of Posion Control Centers, tahun 1998 terdapat lebih dari 2000 kasus anak menelan baterai kancing. Namun dalam 8 tahun, terjadi peningkatan kasus hingga 80 persen. Hal ini antara lain disebabkan makin banyaknya alat-alat yang menggunakan baterai jenis ini. (Sumber Kompas.com)

Artikel Terkait lifestyle

No comments:

Post a Comment