Teotronica,Robot yang Jago Main Piano (Video)



Kemampuan pemain piano tampaknya akan tersaingi dengan kehadiran robot yang satu ini. Teotronica, demikian nama robot itu, mahir memainkan piano. 


Penciptanya, Matteo Suzzi asal Italia bahkan mengklaim Teotronica bisa memainkan piano lebih cepat ketimbang manusia. Robot ini dilengkapi kamera di matanya, yang memungkinkannya meraba dan merasakan situasi di sekelilingnya. Tak cuma itu, Teotronica bahkan bisa berinteraksi dengan penonton. 

Namun demikian, seperti dilaporkan Digital Trends dan dikutip detikINET,  desain Teotronica masih tampak kaku dan mungkin menakutkan. Matanya bulat sebesar bola pingpong dan ekspresi wajah sepenuhnya masih sangat kaku dan bergantung pada posisi alisnya.




Tapi jangan ragukan kemampuannya bermain piano. Robot yang dikembangkan selama empat tahun dengan memakan biaya sekitar USD 4.700, bisa memainkan nada apapun yang diminta. 

"Saya memiliki passion terhadap robot dan bidang robotik. Saya sangat bersemangat saat mengetahui bisa menciptakan robot independen yang bisa memainkan nada atau komposisi apapun," ujarnya. 

Matteo mengklaim, jumlah jari Teotronica yang lebih banyak, membuatnya lebih istimewa saat memainkan lagu-lagu sulit seperti karya Beethoven yang biasa dibawakan pemain piano dengan sepuluh jari. 



"Memiliki 19 jari membuat robot lebih baik dalam mengeksekusi kecepatan, sehingga dia memainkannya lebih cepat dari manusia," jelas Suzzi.

Suzzi berharap, robotnya ini bisa tampil di sejumlah perhelatan yang bisa menarik perhatian banyak penonton. Lebih jauh lagi, Suzzi bahkan berkeinginan agar Teotronica bisa merevolusi industri musik.




Ini Videonya






Sumber


http://www.detikinet.com/read/2011/10/18/134504/1746738/511/teotronica-robot-yang-mahir-main-piano
http://www.google.co.id/search?q=Teotronica&um=1&hl=id&biw=1366&bih=588&ie=UTF-8&tbm=isch&source=og&sa=N&tab=wi&ei=HqkNT9vaDMrVrQek_a2xBA

Artikel Terkait info unik teknologi ,Video

No comments:

Post a Comment