Perempuan Paling Mudah Tertular Penyakit Kelamin Saat Subur

img Infeksi kelamin bisa menular kapan saja, jika hubungan seks dilakukan dengan tidak aman misalnya berganti-ganti pasangan tanpa memakai kondom. Namun pada perempuan, risikonya meningkat saat masa subur yakni 14 hari sebelum menstruasi.

Diduga hal ini dipengaruhi oleh siklus hormonal yang terjadi di dalam tubuh seorang perempuan, dalam kaitannya dengan fungsi reproduksi. Pada masa subir, kondisi hormonal sedikit melemahkan sistem imun agar tubuh tidak menolak benda asing termasuk sperma.

Melemahnya sistem kekebalan tubuh yang terjadi pada masa subur tidak hanya memberi jalan bagi sperma untuk masih, tetapi juga bagi kuman-kuman penyebab infeksi kelamin. Salah satunya jamur Candida albicans penyebab keputihan dan gatal-gatal di sekitar kemaluan.

"Kondisi ini menjelaskan mengapa pada masa subur perempuan lebih rentan tertular infeksi kelamin seperti HIV (Human Imunnodeficiency Virus) dan HPV (Human Papiloma Virus),"

Melemahnya sistem kekebalan tubuh pada perempuan itu menurut Dr Relloso disebabkan oleh peningkatan hormon seks estradiol. Hormon ini meningkat pada masa subur, untuk memeri peluang terjadinya pembuahan sel telur oleh sel-sel sperma yang masuk.

Untuk membuktikan efek estradiol terhadap risiko penularan infeksi jamur maupun kuman lainnya, Dr Relloso melakukan eksperimen dengan beberapa ekor tikus. Sebagian disuntik estradiol dan diberi jamur Candida albicans, sebagian lagi hanya diberi jamur tanpa estradiol.

Hasil pengamatan menujukkan, perbandingan jumlah tikus yang terinfeksi jamur lebih tinggi pada kelompok yang disuntik estradiol. Dari kelompok tikus yang tidak mendapat estradiol juga ada beberapa yang tertular namun tidak sebanyak kelompok yang mendapat estradiol.

sumber http://www.detikhealth.com

Artikel Terkait Perempuan Paling Mudah Tertular Penyakit Kelamin Saat Subur

No comments:

Post a Comment