Wow..!!! Printer 3D Bisa Cetak Tulang Buatan ( Video )



Kemunculan printer yang bisa mengeluarkan hasil cetakan bentuk tiga dimensi (3D) disambut dengan berbagai pengembangan di sana sini. Printer 3D kini bisa digunakan untuk menghasilkan tulang buatan. Wow! 


Jika sebelumnya printer 3D populer digunakan di kalangan desain, sekarang dunia medis pun bisa mencicipi manfaatnya. Ya, dengan tambahan pengembangan fungsi, printer 3D bisa menghasilkan tulang, gigi, bahkan pembuluh darah buatan. 


Dilansir Today In Tech dan dikutip detikINET, , ini berkat hasil penelitian para ilmuwan di Washington State University, Amerika Serikat. Mereka menemukan teknik membuat tulang baru menggunakan printer 3D komersial yang dipotimalkan untuk studi mereka. 

Cara kerjanya, printer tersebut akan menyemprotkan semacam bahan plastik di atas bubuk fosfat kalsium mirip tulang. Bahan ini lantas diberi tambahan silikon dan zinc agar memperkuat fungsinya sebagai tulang buatan. 

Printer akan bekerja mencetak bentuk seperti yang sudah digambarkan pada komputer. Adapun pembuatan tulang buatan ini memakan waktu cukup lama, karena dikerjakan selapis demi selapis agar lebih kuat.




"Tulang buatan ini tidak benar-benar menggantikan tulang sungguhan. Mereka berfungsi sebagai perancah sementara, dimana sel tulang yang baru akan tumbuh. Tulang buatan ini nantinya akan hilang perlahan tanpa menimbulkan efek samping," terang salah satu ilmuwan, Profesor Susmita Bose. 

Sejauh ini, uji coba yang dilakukan terhadap tikus dan kelinci terbilang sukses. Sel tulang tercatat tumbuh pada perancah dalam waktu hanya satu minggu. Nantinya, para dokter bisa menggunakan berbagai teknik untuk kepentingan medis, misalnya menumbuhkan tulang dalam prosedur ortopedik, membuat gigi baru atau mengobati osteoporosis










Ini Video nya






Sumber


http://www.markstechnologynews.com/2008/11/mcor-matrix-3d-printer-feeds-on-paper.html
http://www.detikinet.com/read/2011/12/01/133025/1780116/511/wow-printer-3d-bisa-cetak-tulang-buatan/
http://bldgblog.blogspot.com/2009/04/subterranean-machine-dreams-of.html
http://www.youtube.com/watch?v=XvkfMu76drE

Artikel Terkait info unik teknologi

No comments:

Post a Comment