Mengemudi Saat Flu Sama seperti Orang Mabuk?

http://assets.kompas.com/data/photo/2012/01/06/1151492p.jpgBerhati-hatilah saat mengemudi kendaraan ketika Anda sedang flu berat karena kemampuan mengemudi Anda setara seperti halnya orang yang sedang mabuk.

Para pakar mengatakan, kemampuan berkendara orang yang sedang sakit flu berat bisa turun 50 persen jika dibandingkan dengan orang yang sehat. Kecepatan reaksi dan konsentrasi juga menurun drastis, mirip seperti halnya orang yang kebanyakan menenggak alkohol.

"Percobaan skala kecil yang kami lakukan ini bisa jadi peringatan bagi para pengendara kendaraan bermotor. Flu berat akan mengganggu konsentrasi, kemampuan mengambil keputusan, dan juga mood," kata Nigel Lacy, Direktur Marketing Young Marmalade, sebuah perusahaan asuransi mobil di Inggris yang mensponsori riset ini.

Penelitian yang dilakukan tim dari unit Common Cold Cardiff University ini menggunakan sebuah alat untuk merekam kemampuan para responden riset dalam mengendarai mobil, termasuk respons pengereman.

"Semua orang tentu tahu bahwa ketika sedang demam dan flu, mereka tidak berada dalam posisi prima secara fisik atau mental," kata Dr Christopher Ohl, peneliti.

Itu sebabnya, orang yang sedang menderita gejala-gejala flu disarankan untuk beristirahat di rumah dan tidak mengendarai kendaraan. Meski tidak separah orang yang sedang mabuk karena alkohol atau narkoba, tetapi tetap saja menurunnya kemampuan mengemudi ini bisa membahayakan orang lain di jalan raya.

sumber kompas

Artikel Terkait Wow

No comments:

Post a Comment