10 Pelabuhan Kapal Tertua dan Terindah Di Dunia

Pelabuhan adalah sebuah fasilitas di ujung samudera, sungai, atau danau untuk menerima kapal dan memindahkan barang kargo maupun penumpang ke dalamnya. Pelabuhan biasanya memiliki alat-alat yang dirancang khusus untuk memuat dan membongkar muatan kapal-kapal yang berlabuh. Berikut adalah 10 Pelabuhan Kapal Tertua dan terindah di Dunia

1. Dubrovnik, Kroasia
Bisa dibilang pelabuhan ini adalah lokasi wisata yang paling menonjol di pesisir laut Adriatik, dan Pelabuhan Dubrovnik masuk ke dalam salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. Pelabuhan ini telah beroperasi sejak abad pertengahan dan dianggap pelabuhan tersibuk di eropa pada masa itu.

2. Venesia, Italia
Pada zamannya, pelabuhan ini adalah pelabuhan paling terkenal di mediterania dalam sejarah dunia maritim. Dengan bangunan dalam kota venesia yang indah yaitu bangunan dengan gaya arsitektur Gothic ditambah pengaruh dari Bizantium dan Arab, membuat pelabuhan ini menjadi lokasi wisata terpopuler di italia.
 
3. Lisbon, Portugal
Lisbon adalah salah satu pelabuhan laut paling unggul dengan kekayaan seni dan budaya, pendidikan, media hiburan, perdagangan internasional, keuangan, dan pariwisata dan juga masuk dalam situs warisan dunia UNESCO.
 
4. Istanbul, Turki
Kota yang terkenal dengan sejarah Byzantium dan Konstantinopel, Istanbul adalah kota terbesar dan pusat budaya, ekonomi, dan keuangan di Turki. Pelabuhan ini dianggap sebagai salah satu pelabuhan pelayaran utama sejak Laut Marmara, Golden Horn, Laut Hitam dan Bosphorus mengelilingi kota pada semua sisi. Pelabuhan ini pun telah dicatat dalam sejarah yang terdapat di Hagia Sophia di abad ke-6, dan Masjid Biru di abad ke-17.

5. Beijing (Tianjin), Cina
Pelabuhan ini terletak di kota Beijing, pusat pusat ekonomi, politik, pendidikan, dan budaya Cina, yang terletak di bagian utara negara tidak jauh dari laut. Untuk ke pelabuhan ini dari Beijing, hanya membutuhkan waktu kira kira setengah jam menggunakan kereta.

6. Athena (Piraeus), Yunani
Sama dengan pelabuhan tianjin, pelabuhan Piraeus dapat ditempuh kira kira setengah jam dari Kota Athena yang jaraknya 7 mil dari Piraeus. Pelabuhan ini berperan penting pada Kota Athena, jantung kehidupan budaya, politik, ekonomi, keuangan dan industri di Yunani.

7. Stockholm, Swedia
Pelabuhan Stockholm adalah pelabuhan terpopuler di Swedia dan pelabuhan utama di Kota Stockholm yang merupakan pusat media, budaya, politik dan ekonomi di Swedia. Pelabuhan Stockholm memiliki sembilan tempat berlabuh dan pelampung tambat (moor buoy) yang dapat menampung hingga sepuluh kapal pesiar sekaligus.

8. Kusadasi, Turki
Terletak di pantai Aegea Turki, Kusadasi melayani wisatawan dan penumpang kapal pesiar menuju ke Efesus. Kapal pesiar mewah seperti Grand Princess, dan kapal pesiar mewah lain sering berlabuh disini.

9. Quebec City, Kanada
Terdapat di wilayah Capitale-Nationale dan berdiri di atas tebing yang menghadap ke Sungai St Lawrence, Quebec City adalah salah satu pelabuhan laut tertua di Amerika Utara. Bahkan pada tahun 2010, terminal kapal pesiar di Pointe-à-Carcy dianugerahi "Best Destination Experience Independent".

10. St. Petersburg, Rusia
Terletak di kepala Teluk Finlandia di Sungai Neva di Laut Baltik, St Petersburg adalah kota paling Barat dari Rusia dan lokasi Situs Warisan Dunia UNESCO. Pelabuhan penumpang di Morskoy Vokzal, dapat ditempuh 20 menit dari pusat kota. Pelabuhan ini merupakan salah satu pelabuhan kapal pesiar unggul dalam sejarah maritim yang telah melayani kapal pesiar International dari tahun ke tahun.
sumber:http://www.kaskus.us/showthread.php?t=12393343

Artikel Terkait Tau Gak Sih

No comments:

Post a Comment