Tahukah Anda, Apa Yang Menyebabkan Permukaan Es Licin?

Tak perlu bermain ice skating untuk mengetahui permukaan es licin. Tahukah Anda mengapa demikian?

Satu setengah abad berlalu guna melakukan penyelidikan ilmiah terhadap hal ini. Jelas sekali lapisan tipis air di atas es padat dapat menyebabkan es menjadi licin. Mobilitas cairan membuat manusia sulit berjalan diatasnya meski lapisan air sangat tipis.

Namun, tak ada kesepakatan bersama mengenai alasan es memiliki lapisan semacam itu. Para ilmuwan telah lama memberi alasan bahwa karena air memiliki sifat tak biasa menjadi kurang padat sebagai zat padat dibanding sebagai zat cair.

Titik leleh air pun dapat diturunkan dengan meningkatakan tekanan. Meski hal ini benar, bahkan skate tertajam pun hanya mampu menaikkan titik leburnya beberapa derajat. Teori tekanan tak menahan air kecuali es memang sudah cukup hangat dan hal lain harus terjadi.

Beberapa studi menunjukkan bahwa gesekan gerakan skate, sepatu atau ban menyebabkan panas yang cukup untuk melelehkan es di bawahnya. Namun, bagaimana jika sepatu sama sekali tak bergerak?

Teori kedua menyatakan es yang inheren memiliki lapisan fluida yang disebabkan gerakan molekul permukaan yang tak ada di atas untuk mengikat dan bergerak mencari stabilitas. Pelaku penyebab licin adalah kombinasi kedua teori tersebut. 

Artikel Terkait Perlu Kamu Ketahui ,Sains

No comments:

Post a Comment