11 Tanda Stress Yang Terabaikan


Stress akibat rutinitas bekerja seringkali tidak disadari, hingga akhirnya menumpuk lalau menjadi penyakit.Adalah tanda-tanda stress bisa dikenali dari hal-hal sepele yang sering terlupakan.

kenali tanda-tandanya dan Anda akan terhindar dari stress

1.Tidak Tenang
Mudah lupa, tidak percaya diri dan tidak bisa fokus pada saru pekerjaan bisa menandakan bahwa seseorang tengah dilanda stress. jika menghadapi kondisi seperti ini sebaiknya hentikan aktivitas sejenak lalu beristirahatlah sembari munum secangkir teh hangat.

2.Sering Menguap
jika tidak mengantuk tetapi rasanya ingin menguap sepanjang hari, itu tandanya sedang dilanda stress. tanpa disadari, tress memicu pernapasan dangkal sehinga orang jadi sering menguap untuk mendapatkan suplai oksigen yang cukup.

3.Berkeringat sepanjang hari
Stress memicu pelepasan hormon catecholamine yang membuat darah mejadi lebih kental, sehingga tekanannya meningkat dan tubuh menjadi mudah berkekringat. jika dibiarkan, lama-lama kondisi ini bisa memicu serangan jantung dan kematian lebih awal.

4.Bau Badan
Karena menjadi sering berkeringat, wajar jika seseorang yang sedang dilanda stres juga kaan bermasalah dengan bau badan. maslah ini bisa diatasi dengan deodoran serta mandi lebih sering namun akan lebih baik jika dicari dulu penyebab stress yang sesungguhnya lalu diatasi sampai tuntas

5.Penyalahgunaan Zat Adiktif
Tidak selalu berjud alkohol dan narkotika, kopi dan rokok juga merupakan zat adiktif yang paling sering dijadikan pelarian ketika stress melanda. zat-zat tersebut memang bisa membuat rileks, namun hati-hati karena bisa menyebabkan adiksi atau kecanduan.

6.Mulut Kering
stress menyebabkan pelepasan air liur kurang, sehingga menyebabkan mulut kering, bau napas tidak sedap dan bebagai masalah mulut lainnya. kondisi ini hanya bisa diatasi dengna minum air putih yang banyak.

7.Nyeri otot
saat berada dalam tekanan psikologis, otot akan berkontraksi lebih kuat sehingga sering berakhir dengan rasa nyeri terutama pada punggung bagian bawah. lakukan perenggaangan sesering mungkin jika perlu istirahatkan dgn merebahkan diri sejenak di sofa.

8.Sakit Kepala
Tekanan darah yang meningkat serta kontraksi otot dimana-mana pada akhirnya akan berdampak ke saraf otak. kepala terasa nyeri, sehingga butuh relaksasi berupa mandi air panas atau pijat untuk meredakannya.

9.Batuk
Melemahnya daya tahan tubuh karena stres menyebabkan sering batuk meski tidak sedang terserang flu. Gelisah juga dapat memicu iritasi lambung yang dicirkan dengan masuk angin, nyeri dada serta diare

10.Rambut berketombe
Daya tahan tubuh yag melemah juga berdampak pada kulit kepala. sedikit saja lengah, infkesi jamur menjadi lebih mudah menyebabkan ketombe saat sedang dilanda stres

11.Kaki tak bisa diam
Keseimbangan kimiawi dalam tubuh terganggu selama stress, sehingga gerakan kaki menjadi tidak terkontrol terutama saat tidur. kaki rasanya tidak mau diam,selalu bergerak dan kadang-kadang ingin menendang

apakah ada tanda-tanda di atas pada diri Anda? jika ada segera atasi.
Sumber : http://www.lihatberita.com/2010/12/10-tanda-stress-yang-terabaikan.html

Artikel Terkait Perlu Kamu Ketahui

No comments:

Post a Comment