Hah..!! Di China Ada Mobil Mirip ESEMKA

Sepekan lalu mobil Kiat Esemka menjadi perbincangan di Indonesia, setelah Wali Kota Solo Joko Widodo dan beberapa pejabat tinggi tertarik menggunakan mobil hasil rakitan siswa-siswa SMK ini. Namun, belakangan diketahui ada mobil China yang mirip dengan Esemka.


Mobil China tersebut bermerek Foday yang beberapa variannya sangat mirip dengan Esemka. Ada varian double cabin Foday Lion Pickup yang desainnya sama dengan Esemka Digdaya.

Desain kedua mobil tersebut sangat mirip, dimulai dengan body kotak, lampu depan, dan grill depan yang bergaya vertikal.

Sementara itu Esemka Rajawali generasi awal mirip dengan Foday Expoles III. Desain kedua mobil ini juga serupa. Terlihat mulai dari bentuk desain bagian depan. Kedua mobil ini mirip dengan SUV asal Korea Selatan, Hyundai Tucson lansiran 2005.

Foday Expoles III dan Esemka Rajawali sama-sama menampung tujuh penumpang. Tapi masih ada yang membedakan, yakni lampu depan, Foday menggunakan model proyektor, sementara Rajawali menganut sistem diamond cut.

Untungnya Esemka Rajawali yang digunakan Jokowi tidak sama dengan varian Foday lainnya. Hanya bagian interior hampir sama dengan Foday Explores II, yang membedakan hanya panel dan warna.

Sumber


http://autos.okezone.com/read/2012/01/10/52/554414/di-china-ada-mobil-mirip-esemka

Artikel Terkait Berita Gila ,info unik teknologi

No comments:

Post a Comment