BAHAYA ALKOHOL MENYERANG DARI MULUT HINGGA USUS BESAR

Apa pun dalih yang akan dikemukakan, mengonsumsi minuman beralkohol itu keburukannya melebihi manfaatnya bagi tubuh. Selain memabukkan, alkohol dapat menyerang berbagai organ di dalam tubuh. Pengaruhnya dapat sebagai perusak organ otak, mulut, pencernaan, hati, hingga usus besar.


Menurut dr. Ari Fahrial Syam, spesialis penyakit dalam di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, alkohol bersifat racun kalau sudah ditenggak. Baik diminum sedikit atau berlebihan, minuman ini mengganggu fisik dan mental seseorang. Apalagi jika dijadikan minuman harian, alkohol memberikan efek peradangan di lambung. Akhirnya, alkoholik kerap ditemui mempunyai kelainan dalam saluran cernanya.

“Meski dikonsumsi dalam jumlah sedikit, namun toleransi dari penggunaan sedikit itu makin lama semakin tinggi sehingga tetap beresiko menyebabkan ketagihan,” kata Ari seperti dikutip Banjarmasin Post.

Parah lagi kalau alkohol sudah meracuni liver. Sekali organ ini kena masalah, maka bisa menjalar pengaruhnya ke organ lain. Biasanya alkohol menyebabkan sirosis hati. Saat pengerutan organ liver itu semakin parah, maka efeknya akan menjadikan perut bengkak, pencernaan berdarah, hingga memicu kanker usus besar.

Masih kurang? Beberapa akibat lain dari alkohol yaitu pengeroposan tulang, impoten, sperma tidak subur, kanker payudara, gangguan penglihatan, dan kesulitan mengoordinasi otot. Sementara itu, gangguan mental yang bisa terjadi adalah sulit konsentrasi dan sangat lambat merespon keadaan.

[sidomi.com]

Artikel Terkait HEALTHY : Kesehatan ,Kesehatan ,kesehatan tubuh ,tante kesepian ,tips kesehatan

No comments:

Post a Comment