Keajaiban Borobudur

Haii ... Kalian pasti sudah pernah dengar kan , mengenai Borobudur?
Ini hanya sekilas tentang Borobudur ..


Kalian pasti tahu kan, Borobudur adalah salah satu candi Budha yang berada di Indonesia. Candi Borobudur didirikan sekitar abad 800-an Masehi yang didirikan oleh penganut agama Budha Mahanaya. Candi Borobudur dibangun dengan menggunakan +/- 55.000 m3 batu. Tinggi bangunan ini sampai kepuncak adalah 42m, dengan lebar dasar 123 m. Umur Candi Borobudur ini telah mencapai 12 abad. Candi Borobudur adalah salah satu dari tujuh keajaiban dunia.
Wahh, berarti candi ini sudah sangat tua. Dan candi ini dibangun menggunakan batu. Sungguh ajaib, dan tidak tahu pasti kapan candi Borobudur didirikan. Ternyata struktur dasar candi ini adalah punden perundak. Sebagai puncak candi borobudur, terdapat stupa utama. Hebat, ternyata terdapat empat lantai dengan dinding berelief diatasnya, yang diberi nama oleh para ahli Rupadhatu. Lantai rupadatu ini berbentuk persegi. Rupadhatu adalah dunia yang sudah dapat membebaskan diri dari nafsu, tetapi masih terikat oleh rupa dan bentuk Ada pula yang disebut Arupadhatu, yang berarti tidak berupa atau tidak berwujud. Ternyata denah lantai ini berbentuk lingkaran.

Candi ini pernah tidak terawat, hingga bekas letusan gunung berapi pernah menutupi candi borobudur, dan akhirnya tumbuh lah rumput dan semak belukar. Dan mulai muncul pohon-pohon kecil, yang menjadikan candi Borobudur ini beralih rupa menjadi seperti gundukan batu yang ditutupi semak belukar. Pastinya keadaan ini membuat orang takut untuk mendekati candi ini.

Sungguh menakjubkan dan pastinya bangga sekali, candi yang terkenal dengan keindahannya dan sangat besar ukurannya. Terdapat di negara kita, Indonesia
sumber:http://hani-me.blogspot.com/2011/01/keajaiban-borobudur.html

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment