Keindahan Kepulauan Aneh dan Terpencil Socotra

Ketika menginjakkan kaki di pulau ini Anda akan merasakan suatu kejanggalan yang aneh. Di sini Anda akan menemui pohon jamur raksasa dengan akar yang besar, ukuran yang tak biasa, dan masih banyak hal ganjil lainnya. Pulau tersebut adalah Kepulauan Sokotra yang berada di Yaman.

Kepulauan ini terletak di Samudra Hindia, atau 380 kilometer sebelah selatan Jazirah Arab. Kepulauan Sokotra sangat terisolasi, dan sepertiga flora yang ada di kepulauan ini tidak dapat ditemukan di tempat lain. Pulau ini memiliki iklim yang tidak biasa, sangat panas dan kering. Namun pulau ini memiliki pantai indah dan lereng kapur yang menakjubkan.
Selain itu, yang membuat Kepulauan Sokotra lain daripada yang lain adalah tanaman-tanaman yang hidup di kepulauan ini. Di sini terdapat pohon darah naga yaitu sebuah pohon dengan cabang-cabang besar yang mengarah ke atas dan tampak seperti jamur raksasa. Kemudian di pulau ini juga terdapat mawar gurun yang tumbuh di pohon besar dan tampak seperti kaki gajah.
Maka tak heran jika pulau ini dijuluki Kepulauan Alien. Meskipun sangat aneh pulau ini dihuni oleh penduduk dengan jumlah sekitar 40 ribu jiwa. Saking unik dan eksotisnya, UNESCO pun menjadikan pulau ini sebagai situs Warisan Dunia.
Di sekitar perairan kepulauan ini banyak terdapat bangkai kapal yang tenggelam bertahun-tahun lalu akibat ganasnya ombak lautan. Bangkai-bangkai kapal ini pun akhirnya dijadikan situs diving oleh Pemerintah Yaman.

Artikel Terkait Alam

No comments:

Post a Comment