Ini dia Penemu Es Krim dan Keripik Kentang

Es krim dan keripik kentang, hampir semua orang menyukainya. Bisa dibilang kedua makanan ini merupakan makanan sepanjang masa.

Tapi tahukah Anda sejarah adanya kedua makanan ini? Ternyata kedua makanan ini tercipta secara tidak sengaja. Es krim tercipta dari bocah berusia 11 tahun dan keripik kentang dari seorang koki yang kesal karena ulah pelanggannya.

Pada 1905, bocah 11 tahun bernama Frank Epperson ini lupa memindahkan soda dari alat pemutarnya semalam suntuk. Hari berikutnya, Epperson mengaduk adonan soda dengan tongkat kecil namun sebentuk campuran air beku menempel dan menciptakan es krim pertama.

Karena ketidaksengajaannya itu pula, hampir dua puluh tahun kemudian, Epperson dewasa memiliki hak paten untuk membuat es krim dan es loli pertama.

Sedangkan keripik kentang, tercipta secara tidak sengaja oleh seorang koki bernama George Crum. Pada tahun 1853, pria ini kesal oleh ulah seorang pelanggan yang terus mengembalikan kentang goreng pesanannya dengan alasan kurang renyah.

Crum lalu mengiris kentang sangat tipis, menggorengnya dan membubuhkan garam di atasnya. Dengan cepat, camilan ini menjadi fenomena di New England dan disebut 'Saratoga Chips' sesuai nama kota tempatnya terlahir.
sumber:http://food.ghiboo.com/siapa-penemu-es-krim-dan-keripik-kentang

Artikel Terkait Tau Gak Sih

No comments:

Post a Comment