5 Formasi Batu yang Unik dan Menakjubkan

Alam selalu menawarkan keindahan yang tak ternilai. Misteri pembentukan keindahan alam membuat para ilmuwan penasaran. Begitu pun dengan para penikmat keindahan yang hanya mampu merasa terkagum. Berikut misteri pembentukan batuan alam yang membuat formasi menakjubkan di dunia:

1.    Golden Rock (Myanmar)
Kyaiktiyo Pagoda, juga dikenal sebagai Batu Emas merupakan situs ziarah Budha terkenal di Myanmar. Sebuah pagoda kecil (5,5 m atau 18 kaki) duduk di atas Batu Emas, ditutupi batu granit dengan disisipkan daun emas. Pagoda tersebut berdiri di ujung batu seperti menentang gravitasi yang akan terjatuh menuruni bukit.


Golden Rock, Myanmar (Sumber : sacred-destinations.com)

2.    Delicate Arch (Utah, Amerika Serikat)
Batu berbentuk lengkungan ini sangat terkenal di dunia yang terletak di Taman Nasional Arches, Utah Amerika Serikat.  Batu lengkungan tersebut berdiri secara misterius dan telah menjadi simbol negara.

Delicate Arch, Utah, Amerika Serikat (Sumber: citypictures.org)

3.    Stone Tree (Bolivia)
Batu pohon terletak di dataran tinggi Altiplano Bolivia. Batu tersebut terbentuk oleh pahatan angin dan pasir yang berlangsung bertahun-tahun. Batu pohon menjadi salah satu pemandangan paling indah di dunia.

Stone Tree, Bolivia (Sumber: 123rf.com)

4.    Mushroom Rock (Mesir)
Batu jamur yang berlokasi di Mesir adalah salah satu formasi batu terkenal di dunia. Formasi ini juga disebut Batu Tiang yang merupakan salah satu manifestasi paling mencolok dari proses erosi dan pelapukan. Formasi seperti ini biasanya ditemukan di daerah gurun dengan proses erosi dan tonjolan ribuan tahun.

Mushroom Rock, Mesir (Sumber: sciencephoto.com)

5.    The Wave (Arizona, Amerika Serikat)
Dari sekian banyak formasi batu akibat erosi alam, formasi batu pasir yang juga disebut gelombang merupakan yang paling spektakuler. Batu pasir terletak di lerang Butters Coyote, Arizona, Amerika Serikat. Untuk mencapai lokasi harus melakukan pendakian sekitar 4,8 kilometer atau melewati medan bergelombang sejauh 9,7 kilometer atau melakukan pemanjatan setinggi 107 meter.


The Wave, Arizona, Amerika Serikat (sumber: blogdetik.com)

Artikel Terkait Wow

No comments:

Post a Comment