10 Superhero Yang Tidak Mempunyai Kekuatan Super

Superhero atau pahlawan super, dari namanya saja pasti banyak orang yg membayangkan mereka punya kekuatan luar biasa. Sanggup terbang, merobohkan tembok dengan pukulan, sinar mata laser, atau kebal terhadap peluru. Istilah superhero sendiri dipopulerkan di AMRIK. Karena memang dari sanalah kebanyakan komik-komik tentang Superhero berasal. Sebut saja Superman,Hulk,Fantastic4,Spiderman,hingga X-men.

Namun tahukah kita bhwa ada bbrapa di antara Superhero itu sbenarnya tdk memiliki kekuatan super sama sekali. Mereka hanya tercipta sebagai manusia biasa namun dgn kemampuan manusiawi yg dimilikinya mereka nekat terjun di dunia basmi-membasmi para penjahat.

Saya coba untuk membuat list siapa-siapa saja pahlawan spesial itu. Jumlahnya lumayan banyak. Namun akan saya pilih 10 saja yg paling keren dan tentu saja tidak asing di telinga penggemar Superhero di Indonesia.

Mereka adalah :

1. Batman
Batman merupakan jelmaan dari seorang Milliuner bernama Bruce Wayne. Ia memutuskan menjadi pembasmi kejahatan, saat Bruce menyaksikan sendiri kedua orang tuanya tewas di tangan seorang perampok.

Bruce pun melanglang buana mencari arti kehidupan sembari belajar hampir semua disiplin ilmu, dan tentu saja belajar bela diri. Guru Bruce yg dapat mengasahnya menjadi seorang petarung handal adalah Rash Al Gul. Namun sayang Bruce pada akhirnya bermusuhan dengan Rash dikarenakan perbedaan prinsip.

Untuk menjalani perannya sebagai Superhero, Bruce memilih menjadi sosok yg paling ditakutinya dimasa kecil, Kelelawar. Dan lahirlah Batman (Manusia Kelelawar).

Batman beroprasi (bertugas) tiap malam hari. Dengan kemampuan beladiri ala Ninjutsu, kendaraan tempur yang ciamik, serta peralatan milliter modern, Batman yg sejatinya hanya manusia biasa tampak begitu menakutkan bagi musuh-musuhnya. Dia mempertahankan cara kerjanya yg terencana, diam-diam, dan membubuhi sedikit trik sulap agar lawannya mengira dia memiliki kekuatan super. Sedangkan untuk menutupi aksinya saat malam hari, Bruce memilih mencitrakan dirinya sebagai orang kaya yang doyan pesta pora.

2. Iron Man
Awalnya Tony Stark adalah seorang jenius, kaya raya, dan pemilik perusahaan besar yang sombong. Namun semua itu berubah saat kelompok milisi di timur tengah menculiknya. Kelompok milisi itu menganggap Tony bertanggung jawab atas pemusnahan negara mereka oleh pasukan Amerika. Tony akhirnya ditawan dan diminta utk membuat senjata canggih bagi para milisi agar dapat mernghancurkan pasukan sekutu.

Saat proses pembuatan senjata pesanan milisi itu, tiba2 tercetus ide dari Tony untuk melarikan diri. Dia membuat sebuah baju super yang anti peluru, bersenjata berat, dan bisa terbang. Dgn baju tempur ciptaannya itu, Tony akhirnya bisa kabur.

Setelah kembali ke negaranya, Tony mengembangkan baju tempur itu dan memakainya utk mengatasi para penjahat.

3. V (V for Vendetta)

 
V lahir pd masa kediktatoran meraja lela. Pada masa itu, penguasa berusaha menanamkan doktrin fasis pd masyarakatnya. Semua agama dilarang terkecuali agama yg direstui oleh negara. Begitu pula dgn karya seni. Masyarakat hanya boleh menjalankan apa yg diperintahkan oleh sang penguasa.

V yg tak lain adalah korban dari eksperiman pemerintah di masa lampau, muncul dan berusaha menyebarkan propaganda pada masyarakat utk melawan (dikenal dengan “propaganda by deed”). Utk melancarkan aksinya, V juga mengkader beberapa murid. Dengan tujuan, idenya tak akan mati walau dia telah tiada.

Pada puncaknya, karakter yang memakai baju hitam-hitam dan bertopeng Guy Fawkes sebagai identitasnya, berhasil menjaankan aksinya. Masyarakat yg sdh muak dengan fasisme, mengikuti barisannya melakukan aksi menuju gedung parlemen. Dgn perencanaan yang terukur V dpt meledakkan gedung itu pada tanggal 5 November sebagai runtuhnya kediktatoran dan fasisme.

4. Zorro

 
Di saat negara bagian Amerika belum genap seperti saat ini, perebutan kekuasaan masih saja sering terjadi. Terutama terjadi di daerah dekat mexico yg tak lain adlh jajahan Spanyol. Para bangsawan Spanyol berusaha dgn keras menjadi penguasa di wilayah California.

Dalam mencapai kekuasaannya itu para Don tidak jrg menyiksa dan memperbudak rakyat kecil. Utk itulah seorang Don bernama De La Vega hadir untuk menolong rakyat yg tertindas.

De La Vega menyamarkan dirinya dgn menggunakan topeng yg kemudian dia terkenal sebagai Zorro. Seorang pahlawan dgn kemampuan akrobatik di atas rata-rata, serta kemampuan pedang yang mumpuni.

5. Green Arrow

 
Karena banyak masukan dari Kaskuser sekalian saya putuskan unt menggantikan DareDevil dgn Green Arrow. Pasalnya DareDevil mempunyai indra pendengaran yg kelewat super.

Green Arrow sendiri merupakan karakter yg diadaptasi dari Robin Hood. Nama aslinya Oliver Jonas "Ollie" Queen. Dia mengandalkan keahliannya dalam memanah dan beladiri untuk membasmi kejahatan.

6. Punisher

 
Frank Castle adlh mantan agen FBI yg merasa kecewa dgn biro ini pasca dibantainya keluarga Frank. Frank yg secara resmi dinyatakan meninggal kemudian berusaha membalas dendam dengan menjadi The Punisher. Suatu ketika, Frank menghajar habis-habisan Billy Russoti , seorang bos mafia. Billy yang terluka parah kemudian bertekad untuk membalas dendam pada Frank atau The Punsiher. Billy lantas menyusun kekuatan dan menyebut dirinya Jigsaw. Kali ini Frank harus bertindak cepat sebelum Jigsaw membuat kerusakan lebih parah lagi. Celakanya, usaha Frank ini jadi tak mudah lantaran FBI juga memburu The Punisher yang dianggap bekerja di luar hukum.

7. The Nite Owl II
Nite Owl II memiliki pengetahuan dan pengalaman di bidang teknologi. Dia merupakan penerus Nite Owl, superhero anggota Minuteman, yg merupakan organisasi superhero pendahulu Watchmen. Dalam figurnya, Nite Owl yg bernama asli Daniel Dreiberg itu memiliki tampilan mirip Batman. Dia mengenakan kostum cokelat keemasan dengan jubah dan penutup kepala. Ciri khas Nite Owl adalah topengnya yang berbentuk kepala burung hantu.

8. The Phantom
Phantom adlh pahlawan segala zaman. Dia ada mulai era bajak laut hingga abad millenium yang penuh dengan modernitas. Apakah Phantom makhluk abadi? Jawabannya tidak. Phantom sebenarnya ada puluhan orang. Dan setiap orangnya mewakili tiap generasi. Dgn kata lain, pekerjaan utk menjadi seorang Phantom ini karena warisan.

Kostum Phantom tiap generasi tidaklah brbeda jauh. Mereka mengenakan baju ungu dan topeng berwarna hitam. Yg membedakan adalah senjata dan kendaraan yang mereka pakai. Phantom di era pertama lebih memilih pisau sebagai senjatanya. Namun Phantom di era millenium mengenakan pistol laser sebagai peralatan utk membasmi musuh.

9. Snake Eyes


Snake Eyes merupakan karakter paling unik di G.I. Joe. Berwujud Ninja, Snake Eyes tdk pernah berbicara. Selain jago pedang, Snake Eyes jg menguasai ilmu bela diri Wushu.

Masa kecilnya dilalui dgn suram. Dia adlh gelandanga cilik yg seringkali terpaksa mencuri makanan. Sampai suatu hari dia mencuri di sebuah perguruan. Aksinya ini kepergok oleh Thomas Arashikage. Thomas begitu geram dan segera mengajarnya. Namun gurunya melarang dan malah menerima Sneke Eye kecil menjadi murid.

Karena sang Guru lebih sayang ke Sneke Eye kecil, Thomas pun iri. Dia pun akhirnya menghabisi nyawa gurunya. Saat dewasa, Thomas bergabung dengan organisasi jahat dan menamakan dirinya Storm Shadow. Storm Shadow inilah yg menjadi musuh bebuyutan Snakeeye.

10. Robin 


Robin sbenarnya adlh sosok yg lbh terkenal sebagai partner Batman. Dia merupakan didikan Batman. Walaupun bak guru dan murid, Bruce Wayne (Batman) dan Dick Grayson (Robin yang pertama) memiliki karakter yg hampir bersebrangan. Bruce lebih serius, tanpa kompromi, terencana, shg trkadang dia tampak sprti tdk punya perasaan. Sdngkn Dick lbh santai dan ceroboh sperti anak muda pada umumnya.

Karena perbedaan prinsip itulah, Dick memutuskan utk lepas dr bayang-bayang Batman. Dia berkelana keliling dunia sebagaimana yg prnah dilakukan oleh Bruce. Sekembalinya dia membuat identitas superheronya sendiri, Nightwing.

Robin sendiri ada 5 orang, yg apertama adlh Dick Grayson yg akhirnya menjadi Nightwing. Kedua adlh Jason Todd yg meninggal dibunuh oleh Joker. Dan kemudian dia hidup lagi namun berbalik menjadi musuh. Disusul Tim Drake, Stephanie Brown (yg juga Batgirl), terakhir Damian Wayne (anak Bruce Wayne)


sumber: http://terselubung.blogspot.com/2011/04/10-superhero-yang-tidak-mempunyai.html

Artikel Terkait Wow

No comments:

Post a Comment