Inilah Kisah Menarik yang Melatar Belakangi Dijadikannya Penguin Sebagai Logo Linux!


Mungkin sebagian dari Anda merasa familiar dengan gambar diatas? Yup... dia adalah TUX seekor penguin yang dijadikan maskot atau logo dari Linux. Kenapa logonya penguin sih? Kenapa gak singa atau harimau gitu biar sangar? Ternyata Ada kisah menarik yang melatar belakangi dijadikannya penguin sebagai logog treadmark Linux.

Pada awalnya, Linux tidak memiliki logo ataupun maskot yang dijadikan sebagai tradmarknya, sampai pada suatu saat Linus Torvalds pergi berlibur kedaerah selatan. Tanpa disengaja, seekor penguin kecil menggigit jari Linus dan membuatnya demam hingga berhari-hari.

Kejadian ini kemudian menginspirasi Linus untuk menjadikan penguin ini sebagai logo atau trademark dari sistem operasi ciptaanya, dengan harapan "demam" Linux akan segera mewabah dikalangan para pengguna komputer.

Lantas kenapa penguin tersebut dinamakan TUX ? Hmmmm ternyata nama TUX bukan asal sembarangan di berikan loh, nama TUX sendiri merupakan akronim dari Torvald's  UniX dan James Hughes yang merupakan oknum bertanggung jawabatas pemberian nama ini.

Karakter TUX sendiri didesain oleh seorang seniman bernama Larry Ewing. Untuk mencegah adanya pemalsuan, Linux beserta TUX yang menjadi trademarknya kemudian didaftarkan, sehinga kini resmilah si penguin lucu TUX menjadi logo dari Linux. Linux terdaftar dalam kategori sistem operasi.

Artikel Terkait Komputer

No comments:

Post a Comment