Inilah Kereta Api Masa Depan di Jepang !


Di masa yang akan datang, turis akan semakin dimanjakan saat melancong ke Jepang. Kabarnya, Negeri Sakura ini akan meluncurkan kereta peluru yang bisa mencapai kecepatan hingga 500 km/jam. Wush!

Baru-baru ini, perusahaan kereta api di Jepang, Rail Operators, telah meluncurkan prototipe kereta peluru bernama Maglev. Kereta yang bisa menempuh kecepatan hingga 500 km/jam ini dirancang oleh JR Tokai. Untuk bisa menempuh jarak sejauh 322 km, kereta canggih ini cukup memerlukan waktu sekitar 40 menit saja.

Dari News Australia,  kereta ini tidak memiliki roda, tapi menggunakan bantal elektromagnetik untuk kecepatan super tinggi. Nantinya, setiap rangkaian kereta akan terdiri atas 14 gerbong. Masing-masing gerbong bisa diisi oleh 68 penumpang.

Nantinya, wisatawan yang akan sedang berlibur di Tokyo dan ingin menuju Nagoya atau Osaka, bisa menggunakan jasa kereta peluru ini. Selain cepat, kereta Maglev sudah pasti nyaman.

Sayangnya, proyek ini baru sekadar rencana. Kementrian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata Jepang sedang mempelajari proposal tentang pembangunan kereta super cepat ini. Targetnya, untuk jurusan Tokyo-Osaka, kereta akan rampung dan bisa dioperasikan mulai tahun 2027. Sedangkan kereta dari Tokyo-Nagoya baru bisa digunakan pada tahun 2045.

Sebelumnya, China sudah terlebih dulu membuat kereta Maglev. Kereta tersebut sudah melayani rute dari Kota Shanghai ke Bandara Internasional Shanghai Pudong. Kereta tersebut mampu mencapai kecepatan hingga 431 km/jam dan menjadi yang tercepat saat ini.


Artikel Terkait berita

No comments:

Post a Comment