Memahami Cewek yang Sedang PMS

Kalo kamu sering berhubungan dengan cewek, baik itu pekerjaan maupun hubungan percintaan, maka kemungkinan kamu pernah mengalami suatu masa dimana tiba-tiba si cewek ini jadi kerjaannya marah-marah mulu dan kayaknya kamu salah mulu. Trus udahannya ntar dia bilang kalo dia lagi PMS, maka sebaiknya kamu jangan macem-macem. Emang sebenernya apa sih PMS ini? Kok rese banget?

Definisi PMS

PMS adalah kependekkan dari Premenstrual Syndrome, sebuah sindrome yang timbul ketika wanita mendekati masa datang bulannya. Gejala-gejalanya biasanya berhubungan dengan masalah fisik dan emosional. Menurut penelitian, ada sekitar 200 gejala yang dikaitkan dengan PMS, tapi biasanya gejala yang paling umum adalah badan jadi sensitif, mood yang buruk, dan jadi mudah stress.

Penyebab PMS

Tidak semua cewek mengalami PMS. Beberapa faktor yang memungkinkan seorang cewek bisa mengalami PMS adalah:
  • Suka mengkonsumsi kafein
  • Stress
  • Usia
  • Pernah mengalami depresi
  • Keluarga
  • Makanan yang dikonsumsi

Siapa yang Salah?

Dalam masa PMS, cowok 99,95% selalu menjadi pihak yang salah sementara dalam 0,05% kasus, cewek mau mengaku salah.

Yang Harus Dimengerti

1. Kamu Akan Selalu Salah Karena Kamu Melakukan atau Tidak Melakukan Sesuatu
Dalam masa PMS, hal yang kamu lakukan atau tidak lakukan bisa menjadi bumerang buat kamu. Hah gimana sih? Jadi bingung. Jangan bingung. Emang begitu adanya. Mungkin contoh akan menjelaskan maksudnya.
Contoh: 
Kasus 1: Kamu nelpon pacar kamu pas dia lagi ribet
Pacar: Halo?!
Kamu: Hai sayang lagi ngapain?
Pacar: Lagi ribet nih.
Kamu: Ribet kenapa?
Pacar: Ya kerjaan lah, apa lagi?! Emang aku pengangguran?!
Kamu: Loh, kan–
Pacar: Bikin kesel deh kamu.
Kasus 2: Kamu gak nelpon pacar kamu pas dia lagi ribet
Pacar: Lagi ngapain?
Kamu: Lagi ma–
Pacar: Kok gak nelpon aku daritadi?? Kok gak nyariin aku?!
Kamu: Loh kan kamu lagi ri–
Pacar: Aku stress banget tau gak?!?! Gak ada yang peduli sama aku!! *nangis
2. Kata-Kata Kamu Akan Disalahartikan – Dan Itu Salah Kamu
Dalam masa PMS, salah paham akan menjadi hal yang sangat lumrah. Seringkali kamu mengatakan sesuatu yang maksudnya baik, tapi si cewek akan menyalahartikannya menjadi sesuatu yang sangat salah sehingga dia marah. Kalo udah kayak gini salah siapa? Ya salah kamu dong! Kenapa kamu biarin dia menyalah-artikan kata-kata kamu?
3. Kata-Katanya Si Dia Seringkali Bukan Berarti Apa yang Dia Maksud
Masih berkaitan dengan kesalahpahaman dan sudah pernah dibahas sebelumnya. Terkadang tidak hanya cewek yang suka salah mengerti maksud kamu. Terkadang kamu yang salah mengerti maksud si cewek. Tapi mungkin ini agak sedikit berbeda kasusnya. Terkadang kamu beneran mengerti apa yang dia katakan, tapi kamu tidak menangkap apa yang dia MAKSUD. Ini bisa berakibat fatal! Bingung? Contohnya begini:
Kamu: Kamu kenapa sayang?
Pacar: Gak papa.
Kamu: Bener?
Pacar: Iya.
Kamu: OK.
Terus kamu beneran menganggap gak ada apa-apa trus besoknya berantem deh. Asik kan. Siapa suruh pacaran.
4. Kamu Tidak Akan Tahu Salah Kamu
Poin paling penting ketika kamu sedang berhadapan dengan wanita yang PMS adalah jangan menanyakan salah kamu apa, karena pada dasarnya kamu juga tidak akan mendapatkan jawaban yang memuaskan. Mengertilah bahwa pada dasarnya mereka marah sama kamu bukan karena mereka beneran marah sama kamu. Itu masalah hormon-hormon gitu deh. Gak jelas dan ngeselin sih emang, tapi katanya PMS itu beneran gak enak. Jadi yah…mungkin kamu emang harus ngertiin aja kali ya. Ntar juga baik lagi kok.
Demikianlah penjelasan MBDC tentang PMS. Semoga membantu kehidupan kamu selanjutnya. Ada yang kurang? Silakan ditambahin di comments yah.



Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar