Kota-kota Teraneh Didunia

Bumi ini sangat luas sekali. Banyak negara-negara bersebaran di bumi ini. Begitu juga di dalam Negara tersebar kota-kota tempat tinggal para penduduk. Tak jarang salah satu kota dari Negara-negara itu mempunyai ssejumlah keunikan tersendiri. Seperti Kota Monowi, Nebreska yang hanya mempunyai 1 penduduk. Namun, pada kesempatan kali ini tidak seperti Kota Monowi, yang dikupas secara eksklusif sendiri, tetapi akan disajikan beberapa kota dengan keunikannya masing-masing. Ini dia kota-kota paling unik di dunia :


1. Kota Berpenduduk Terbanyak
Kota yang memiliki penduduk terbanyak, menurut para ahli adalah Tokyo (Jepang). Sebab, jumlah penduduk ibu kota negara samurai tersebut diperkirakan mencapai lebih dari 33 juta jiwa. Adapun yang berada di peringkat kedua adalah New York (ibukota Amerika Serikat). Sedangkan, Sao Paulo (Brasil) menduduki urutan ketiga. Jumlah penduduk kedua kota tersebut diperkirakan mencapai 17 juta jiwa.


2. Kota Terluas
Kota dengan wilayah terluas jatuh pada kota Mount Isa yang terletak di barat laut Queensland (Australia). Luasnya mencapai hampir 41 ribu km2 dengan jalan sepanjang 189 km. Oleh karena itu, jalan raya di kota tersebut dijadikan sebagai jalan raya kota terpanjang di dunia juga.


3. Kota Terkecil
Kota Hum yang terletak di Kroasia dengan jumlah penduduk 23 orang, termasuk dalam kota terkecil di dunia. Kota tersebut didirikan pada 1102 yang sebelumnya bernama Cholm. Arsitektur gedung kota tersebut masih mengikuti zaman Abad Pertengahan.


4. Kota Terluas dan Termuda
Percaya atau tidak bahwa kota tertua dan kota termuda berada di wilayah yang sama, yakni kawasan Timur Tengah. Kota Jericho (di Arab disebut Ariha) yang berada di Palestina, diperkirakan berusia lebih dari 10 ribu tahun. Sedangkan, kota termuda jatuh pada Kota Tel Aviv (Israel) yang berusia sekitar 80 tahun. Selain sebagai kota tertua di dunia, Jericho juga dianggap sebagai kota dengan daratan paling rendah di dunia. Kota tersebut berada pada 260 m di bawah permukaan laut.


5. Kota Dengan Daratan Tertinggi
Kota Potosi di Bolivia merupakan kota yang berada di daratan tertinggi di dunia dengan ketinggian sekitar 4.100 m di atas permukaan laut. Kota tersebut juga termasuk sebagai salah satu warisan dunia UNESCO yang harus dilindungi.


6. Kota Tertinggi
Hongkong mendapat julukan kota 'terjangkung atau tertinggi' di dunia. Sebab, kota tersebut memiliki lebih dari 7.500 gedung pencakar langit, mengalahkan Kota New York.


7. Kota Pertama Berpenduduk 1 Juta Jiwa
Kota Roma di Italia, telah menjadi kota pertama di dunia yang jumlah penduduknya mencapai 1 juta jiwa pada 133 M. Sedangkan, Kota London berpenduduk 1 juta pada 1810. Diikuti dengan Kota New York dengan penduduk 1 juta pada 1875. Sekarang ini, ada lebih dari 300 kota di dunia dengan penduduk lebih dari 1 juta orang.


8. Kota Dengan Nama Terpanjang
Percaya atau tidak, nama asli dari Kota Bangkok (Thailand) sebenarnya adalah Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Ayuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit.

Nama tersebut diberikan oleh pendirinya, Raja Phra Buddha Yotfa Chulaloke sekitar abad ke-18. Nama tersebut merupakan nama kota terpanjang di dunia menurut Guinness Book of World Record (Buku Rekor Dunia).


9.  Kota Dengan Nama Teraneh
Fucking merupakan nama kota kecil di Austria dengan populasi 150 jiwa. Nama aneh tersebut diberikan sejak tahun 1070. Uniknya, setiap kali wisatawan yang yang melewati jalan tersebut akan berhenti sejenak hanya untuk mengambil foto. Bahkan, marka jalan yang satu ini menjadi marka jalan paling banyak dicuri di Austria.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment