Unik..!! Dompet Dan Tas Yang Terbuat Dari Kantong Semen

Pasangan suami istri Sutiono dan Weny Indrasari, warga Perum Tanggulangin Asri Sejahtera, Sidoarjo, berhasil membuat berbagai kerajinan dari kantong semen bekas. Ide membuat tas dan dompet berbahan kantong semen bekas didapat Sutiono ketika rumahnya sedang direnovasi.

Ketika itu kantong semen bekas hanya dibuang begitu saja. Dari sinilah ia mencoba membuat kantong semen menjadi lebih berharga dengan mengubahnya jadi berbagai kerajinan.


Cara membuat kerajinan dari kantong semen tidak sulit. Awalnya kantong semen dibersihkan dulu lantas diikat dengan tali karet untuk membentuk pola ketika diwarna. Pewarnaannya pun menggunakan pewarna tekstil biasa dengan cara dimasukkan dalam wadah pewarna lantas dijemur hingga kering.




Sesudah kering kantong semen disetrika dan dibuat pola sesuai keinginan. Proses selanjutnya dijahit dan diberikan formula khusus agar tahan terhadap air. Proses terakhir diberi lapisan pernis agar terlihat lebih mengkilat. Untuk bahan baku hingga proses penjualan Weny mengaku belum menemukan kendala berarti.




Namun karena minimnya peralatan dan karyawan, Weny baru mampu memproduksi 20 dompet dan tas dalam setiap bulan. Kini setiap bulan mereka mampu mengirim 20 barang ke pusat penjualan UKM Jatim di Juanda. Dari bisnis itu pasangan Sutiono dan Weny mampu mendapat keuntungan tambahan Rp 1,3 juta per bulan.(IAN)


Ini Videonya



Sumber
http://berita.liputan6.com/read/367502/dompet-dan-tas-dari-kantong-semen
http://inforingankita.blogspot.com
http://openlibrary.org/books/OL3606076M/Meningkatkan_nilai_tambah_kertas_bekas_kantong_semen_dengan_pengembangan_desain_bentuk_fungsi_grafis_serta_asessori_bahan_lingkungan_di_Kotamadya_Medan
http://swadon.blogspot.com/2011/09/tas-unik-terbuat-dari-kantong-semen.html
http://bisnisukm.com/meraih-untung-produk-olahan-tas-kantong-semen.html
http://lifestyle.kontan.co.id/v2/read/1309164255/71364/Mendaur-kertas-semen-bekas-menjadi-laba-

Artikel Terkait info unik Indonesia

No comments:

Post a Comment