Profile dan Biodata Laksamana Agus Suhartono

Profile dan Biodata Laksamana Agus Suhartono : Pengajuan Kepala Staf Angkatan Laut Laksmana Agus Suhartono oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke DPR sebagai calon Panglima TNI sudah tepat.kalau yang memimpin TNI dari Angkatan Laut.Seorang Panglima TNI itu bertanggung jawab dan harus menguasai geografis Indonesia sebagai negara maritim.

Selama ini pemerintah tidak menyadari sepenuhnya bahwa Indonesia adalah negara maritim. Karena itu, sebut Paunganan, pemerintah abai terhadap pentingnya pertahanan laut. Hal inilah yang membuat Indonesia kecolongan dan mengalami kerugian besar karena sumber daya laut dicuri negara lain.

Agus Suhartono adalah Kepala Staf TNI AL ke-22. Lulusan Akademi Angkatan Laut 1978 ini dilantik menjadi KSAL pada 9 November 2009 menggantikan Laksamana Tedjo Edhy Purdijatno. Sebelumnya, Agus menjabat Irjen Departemen Pertahanan. Dia juga pernah menjabat Komandan Gugus Tempur Laut Koarmatim, Komandan Kodikal, Asrena KSAL, Asisten Operasi KSAL, Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat.

Berikut Biodata Laksamana Madya TNI Agus Suhartono, SE

Nama ; Laksamana Madya TNI Agus Suhartono, SE
Tempat Tanggal Lahir ; Blitar, Jawa Timur, 25 Agustus 1955
Nama Istri ; Tetty Sugiarti

Pendidikan
Agus Suhartono menamatkan pendidikan militernya di Akademi Angkatan Laut (AAL) pada tahun 197

karir Laksamana Agus Suhartono

Komandan Gugus Tempur Laut Koarmatim
- Komandan Kodikal
- Asrena KSAL
- Asisten Operasi KSAL
- Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat
- Irjen Departemen Pertahanan
- Kepala Staf TNI Angkatan Laut, 2009-sekarang, Kepala Staf TNI AL Ke-22
- Candidate Panglima TNI 2010

Perjalanan Karir Laksamana Agus Suhartono
Laksamana Muda TNI Agus Suhartono berdasarkan riwayat kariernya layak disebut sebagai salah satu penakluk samudera di jajaran elite TNI Angkatan Laut (AL). setamat dari Akademi Militer TNI AL (AAL) pada 1978, dia mengawali tugas di Komando Armada Timur (Koarmatim) yang banyak berjibaku di berbagai jenis kapal perang. Jabatan yang pernah disandangnya, antara lain, Perwira Divisi Komunikasi KRI Yos Sudarso, Padiv Kom KRI Ratulangi, Kadiv SBA KRI Slamet Riyadi, Komandan KRI Kakap, Komandan KRI Sultan Thaha Syaifuddin, Komandan KRI Hasan Basri, Komandan KRI Samadikun, dan Komandan KRI Ki Hadjar Dewantara.

Sebelum menjadi Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar), suami Tetty Sugiarti ini menjabat Komandan Komando Pendidikan Angkatan Laut sejak 5 Mei 2006.

Pada 1999, dia diangkat menjadi Paban V Straops Sopsal, kemudian Dankolat Armatim hingga Asisten Pangarmatim Bidang Operasi (2002). Tahun 2003, ia dipercaya sebagai Komandan Gugus Tempur Laut. Sebagai pemimpin yang banyak ditempa di dunia militer, ayah Ramadhani Aditama dan Bayu Aditya Nugraha ini dikenal sebagai sosok yang tegas.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment