Foto foto Erupsi Gunung Etna di Sisilia Italia

 
Gunung Etna (atau Aetna, dan dikenal secara lokal dengan nama Mongibello) adalah gunung berapi aktif di pesisir timur Sisilia, dekat Messina dan Catania.

Etna adalah gunung berapi terbesar di Eropa, dengan ketinggian sekitar 3.320 m dan keliling dasar sepanjang 140 km, membuatnya menjadi gunung tertinggi di Italia di selatan Alpen.

Etna mencakup wilayah seluas 1190 km². Ia adalah yang terbesar di antara gunung-gunung berapi di Italia. Tingginya tiga kali lebih besar dari pesaing terdekatnya, Vesuvius. Etna adalah salah satu gunung teraktif di dunia dan hampir selalu dalam keadaan meletus. Meski demikian, ia tidak dianggap sebagai terlalu berbahaya.

Ciri khas Gunung Etna adalah lontaran bom api. yakni sebutan bagi materi bongkahan lava yang dimuntahkan hingga ratusan meter ke angkasa. Fenomena ini hanya dimiliki gunung dengan dapur perut yang senantiasa bergolak hebat. Sejauh ini, erupsi Gunung Etna belum memakan korban jiwa.

Etna merupakan salah satu gunung berapi teraktif di dunia. Letusan Etna dalam beberapa dekade terakhir, semakin intens melebar dan mengancam permukiman warga desa di kaki gunungnya. Meski demikian, letusan Etna adalah laboratorium kebumian bagi para vulkanologi, sekaligus wisata alam Italia.
sumber:http://bodrexcaem.blogspot.com/2011/08/foto-foto-erupsi-gunung-etna-di-sisilia.html

Artikel Terkait Alam

No comments:

Post a Comment