Ginseng, Obat Herbal Paling Terkenal


http://img.wylio.com/flickr/243/4325940535Ginseng (panax ginseng) adalah tanaman bertinggi maksimum sekitar 60 cm yang tumbuh di pegunungan sejuk Asia Timur. Pertumbuhan tanaman ini sangat lambat, setelah bertahun-tahun tingginya tidak lebih dari 10 sampai 20 cm. Saat ini, Panax ginseng banyak ditanam di Korea, Jepang, Cina Utara dan Rusia Timur. Di Amerika juga terdapat ginseng jenis lain (panax quinquefolius) yang digunakan secara medis, namun dianggap kurang efektif.

Karena terbatasnya wilayah penanaman dan lamanya pertumbuhan, akar ginseng asli harganya sangat mahal. Banyak makanan dan minuman kesehatan yang mengklaim memiliki kandungan ginseng sebenarnya tidak mengandung ekstrak ginseng berkualitas. Bahkan, ada yang tidak ada kandungannya sama sekali. Karena itu, Anda tidak boleh percaya begitu saja dengan setiap klaim kandungan ginseng.Bebida de ginsengphoto © 2010 Marcelo Träsel | more info (via: Wylio)

Nama Cina Gin-seng berarti “akar manusia” yang mengacu pada penampilannya yang seringkali mirip tubuh manusia. Nama genus-nya dalam bahasa latin Panax berasal dari dewi Yunani Panacea, yang menyembuhkan segala penyakit. Akar ginseng berkualitas baik biasanya berasal dari tanaman berusia 3 – 6 tahun (atau lebih). Semakin tua akar ginseng, semakin efektif dan berharga nilainya. Akar ginseng mengandung ginsenosides yang merupakan senyawa kompleks dari sekitar 25 zat aktif individual. Ekstrak ginseng mengandung sekitar 8% ginsenosides.
Khasiat ginseng

Ginseng adalah herbal Asia yang paling terkenal. Penggunaan ginseng dalam pengobatan mungkin sama tuanya dengan peradaban Cina dan Korea. Efek menyehatkan ginseng pada sistem saraf pusat, sistem endokrin dan sistem kekebalan tubuh juga telah dibuktikan oleh banyak penelitian ilmiah. Berikut adalah beberapa manfaat ginseng untuk kesehatan:

* Afrodisiak (obat kuat lelaki). Ginseng menyebabkan peningkatan pembentukan dan pelepasan hormon-hormon, termasuk hormon seks dan karena itu merupakan sarana untuk meningkatkan libido seks, baik pada pria maupun wanita.
* Antidepresi. Ginseng dapat digunakan untuk melawan stress dan depresi ringan.
* Adaptogen yang meningkatkan stamina. Adaptogen adalah zat yang meningkatkan daya adaptasi tubuh terhadap faktor stres mental dan fisik. Ginseng meningkatkan daya tahan selama latihan fisik.
* Mengatasi keluhan menopause.
* Menjaga konsentrasi mental.
* Mencegah dan mengatasi aterosklerosis (pengapuran dinding pembuluh darah)
* Mengendalikan diabetes.
* Menyembuhkan hepatitis.
sumber:http://archive.feedblitz.com/688312/~3944443

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment