Blogger Indonesia Cinta Batik Indonesia

Blogger Indonesia Cinta Batik Indonesia - Sebagai blogger indonesia saya harus cinta batik indonesia . Walaupun saya seorang blogger tapi saya harus menyukai budaya batik khas Indonesia. Para blogger mania janganlah selalu sibuk saja online di dunia maya ini, tapi kita harus mencintai batik yang telah diturunkan oleh nenek leluhur kita. Sebelumnya saya minta maaf kepada para pengunjung setia kliping-dunia karena Saya tidak dapat posting  tentang download java game, symbian game, aplikasi java, aplikasi symbian, tema java, tema symbian, video maupun movie serta trik seputar ponsel seperti biasanya, dikarenakan saya  sedang  mengikuti latihan kontes SEO BLOGGER INDONESIA CINTA BATIK INDONESIA .

Batik adalah salah satu cara pembuatan bahan pakaian. Selain itu batik bisa mengacu pada dua hal. Yang pertama adalah teknik pewarnaan kain dengan menggunakan malam untuk mencegah pewarnaan sebagian dari kain. Dalam literatur internasional, teknik ini dikenal sebagai wax-resist dyeing. Pengertian kedua adalah kain atau busana yang dibuat dengan teknik tersebut, termasuk penggunaan motif-motif tertentu yang memiliki kekhasan. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober, 2009. Nah sudah tahu kan apa itu batik.

Sejarah batik Indonesia : Bahwa Batik secara historis berasal dari zaman nenek moyang yang dikenal sejak abad XVII yang ditulis dan dilukis pada daun lontar. Saat itu motif atau pola batik masih didominasi dengan bentuk binatang dan tanaman. Namun dalam sejarah perkembangannya batik mengalami perkembangan, yaitu dari corak-corak lukisan binatang dan tanaman lambat laun beralih pada motif abstrak yang menyerupai awan, relief candi, wayang beber dan sebagainya. Selanjutnya melalui penggabungan corak lukisan dengan seni dekorasi pakaian, muncul seni batik tulis seperti yang kita kenal sekarang ini.
Jenis dan corak batik tradisional tergolong amat banyak, namun corak dan variasinya sesuai dengan filosofi dan budaya masing-masing daerah yang amat beragam. Khasanah budaya Bangsa Indonesia yang demikian kaya telah mendorong lahirnya berbagai corak dan jenis batik tradisional dengan ciri kekhususannya sendiri.Nah bagaimana sekarang kalian sudah tahu sejarah batik indonesia kan

Cara pembuatan batik - Pada mulanya bahwa batik dibuat di atas bahan dengan warna putih yang terbuat dari kapas yang dinamakan kain mori. Dewasa ini batik juga dibuat di atas bahan lain seperti sutera, poliester, rayon dan bahan sintetis lainnya. Motif batik dibentuk dengan cairan lilin dengan menggunakan alat yang dinamakan canting untuk motif halus, atau kuas untuk motif berukuran besar, sehingga cairan lilin meresap ke dalam serat kain. Kain yang telah dilukis dengan lilin kemudian dicelup dengan warna yang diinginkan, biasanya dimulai dari warna-warna muda. Pencelupan kemudian dilakukan untuk motif lain dengan warna lebih tua atau gelap. Setelah beberapa kali proses pewarnaan, kain yang telah dibatik dicelupkan ke dalam bahan kimia untuk melarutkan lilin. Nah begitulah cara membuat batik.

Jenis Batik
Batik memang memiliki banyak warna dan ragam tapi tahukah kalian bahwa batik memiliki jenis 
Batik sendiri tentu memiliki jenis-jenisnya. Jenis Batik terbagi menjadi dua jenis yaitu:
A. Jenis batik menurut teknik
1. Batik Tulis
Merupakan batik yang cara pembuatannya dengan cara ditulis.Proses ini membutuhkan setidaknya 2-3 bulan.
2. Batik Cap
Merupakan batik yang cara pembuatannya
dengan dicap.
3. Batik Lukis
 merupakan batik yang Pembuatannya langsung dilukis pada media
kain putih.

B. Jenis batik Menurut asal pembuatan Batik Jawabatik Jawa adalah sebuah warisan kesenian budaya orang Indonesia, khususnya daerah Jawa yang dikuasai orang Jawa dari turun temurun. Batik Jawa mempunyai motif-motif yang berbeda-beda. Perbedaan motif ini biasa terjadi dikarnakan motif-motif itu mempunyai makna, maksudnya bukan hanya sebuah gambar akan tetapi mengandung makna yang mereka dapat dari leluhur mereka, yaitu penganut agama animisme, dinamisme atau Hindu dan Buddha. Batik jawa banyak berkembang di daerah Solo atau yang biasa disebut dengan batik Solo.

Berikut merupakan Gambar batik

Batik, batik indonesia, cinta batik indonesia, gambar batik, foto batik

Kontes seo ini hanyalah latihan yang diadakan Grup yang bernama Diskusi blogger pemula. Hanya member dari grup DBP saja yang boleh mengikutinya. Saya adalah member dari grup DBP dan profil facebook saya adalah Saya Erwin . Nah saya ingatkan lagi Sebagai blogger indonesia kita harus cinta batik indonesia karena Blogger Indonesia Cinta Batik Indonesia .

Next Post = Java game : Transformer revenge of the vallen
Last Post = video : Happy tree friends - Eyes cold Lemonade.3gp

Artikel Terkait Kontes SEO

No comments:

Post a Comment