Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Sekolah
Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA)
A. Latar Belakang
Memasuki abad ke-21, bidang teknologi informasi dan komunikasi
berkembang dengan pesat yang dipicu oleh temuan dalam bidang rekayasa
material mikroelektronika. Perkembangan ini berpengaruh besar terhadap
berbagai aspek kehidupan, bahkan perilaku dan aktivitas manusia kini
banyak tergantung kepada teknologi informasi dan komunikasi. Mata
pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi dimaksudkan untuk
mempersiapkan peserta didik agar mampu mengantisipasi pesatnya
perkembangan tersebut.
Mata pelajaran ini perlu diperkenalkan, dipraktikkan dan dikuasai
peserta didik sedini mungkin agar mereka memiliki bekal untuk
menyesuaikan diri dalam kehidupan global yang ditandai dengan
perubahan yang sangat cepat. Untuk menghadapi perubahan tersebut
diperlukan kemampuan dan kemauan belajar sepanjang hayat dengan cepat
dan cerdas. Hasil-hasil teknologi informasi dan komunikasi banyak
membantu manusia untuk dapat belajar secara cepat. Dengan demikian
selain sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari, teknologi informasi
dan komunikasi dapat dimanfaatkan untuk merevitalisasi proses belajar
yang pada akhirnya dapat mengadaptasikan peserta didik dengan
lingkungan dan dunia kerja.
Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi pada jenjang SMA/MA
mencakup penguasaan keterampilan komputer, prinsip kerja berbagai
jenis peralatan komunikasi dan cara memperoleh, mengolah dan
mengkomunikasikan informasi. Mata pelajaran ini merupakan kelanjutan
dari pengenalan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang telah
diperoleh pada jenjang SMP/MTs, sekaligus sebagai bekal bagi peserta
didik untuk beradaptasi dengan dunia kerja dan perkembangan dunia
termasuk pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi.
B. Tujuan
Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bertujuan agar
peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Memahami teknologi informasi dan komunikasi
2. Mengembangkan keterampilan untuk memanfaatkan teknologi informasi
dan komunikasi
3. Mengembangkan sikap kritis, kreatif, apresiatif dan mandiri dalam
penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
4. Menghargai karya cipta di bidang teknologi informasi dan komunikasi.
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Teknologi informasi dan komunikasi
meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan untuk
mengumpulkan, menyimpan, memanipulasi, dan menyajikan informasi
2. Penggunaan alat bantu untuk memproses dan memindah data dari satu
perangkat ke perangkat lainnya.
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas X, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Melakukan operasi dasar komputer 1.1 Mengaktifkan dan mematikan
komputer sesuai dengan prosedur
1.2 Menggunakan perangkat lunak beberapa program aplikasi
2. Memahami fungsi dan proses kerja berbagai peralatan teknologi
informasi dan komunikasi
2.1 Mendeskripsikan fungsi, proses kerja komputer, dan telekomunikasi,
serta berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
2.2 Menjelaskan fungsi, dan cara kerja jaringan telekomunikasi
(wireline, wireless, modem dan satelit)
2.3 Mendemonstrasikan fungsi dan cara kerja perangkat lunak aplikasi
teknologi informasi dan komunikasi
3. Memahami ketentuan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
3.1 Menerapkan aturan yang berkaitan dengan etika dan moral terhadap
perangkat keras dan perangkat lunak teknologi informasi dan komunikasi
3.2 Menerapkan prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)
dalam menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak teknologi
Informasi dan komunikasi
3.3 Menghargai pentingnya Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) dalam
teknologi informasi dan komunikasi
Kelas X, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
4. Menggunakan Operating System (OS) komputer
4.1 Melakukan operasi dasar pada operating system (OS) komputer
4.2 Melakukan setting peripheral pada operating system (OS) komputer
4.3. Melakukan manajemen file
5. Menggunakan perangkat lunak pengolah kata
5.1 Menunjukkan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah kata
5.2 Menggunakan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah kata
5.3 Membuat dokumen pengolah kata dengan variasi tabel, grafik,
gambar, dan diagram
Kelas XI, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Menggunakan internet untuk keperluan informasi dan komunikasi
1.1 Menjelaskan berbagai perangkat keras dan fungsinya untuk
keperluan akses Internet
1.2 Mendeskripsikan cara akses Internet
1.3 Mempraktikkan akses Internet
1.4 Menggunakan web browser untuk memperoleh, menyimpan, dan
mencetak informasi
1.5 Menggunakan e-mail untuk keperluan informasi dan komunikasi
Kelas XI, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
2. Menggunakan perangkat lunak pengolah angka untuk menghasilkan informasi
2.1 Menggunakan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah angka
2.2 Membuat dokumen pengolah angka dengan variasi teks, tabel, grafik,
gambar, dan diagram
2.3 Mengolah dokumen pengolah angka dengan variasi teks, tabel,
grafik, gambar, dan diagram untuk menghasilkan informasi
Kelas XII, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Menggunakan perangkat lunak pembuat grafis
1.1. Menunjukkan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak
pembuat grafis
1.2. Menggunakan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak
pembuat grafis
1.3. Membuat grafis dengan berbagai variasi warna, bentuk, dan ukuran
Kelas XII, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
2. Menggunakan perangkat lunak pembuat presentasi
2.1 Menunjukkan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak
pembuat presentasi
2.2 Menggunakan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak
pembuat presentasi
2.3 Membuat presentasi teks dengan variasi tabel, grafik, gambar, dan diagram
E. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan
untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator
pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan
pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan
Standar Penilaian.
Nama : Nur Robi' Zainal Abidin, S.Pd
Alamat : Trimulyo Rt 03 Rw 02 Kecamatan Genuk Kota Semarang
Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA)
A. Latar Belakang
Memasuki abad ke-21, bidang teknologi informasi dan komunikasi
berkembang dengan pesat yang dipicu oleh temuan dalam bidang rekayasa
material mikroelektronika. Perkembangan ini berpengaruh besar terhadap
berbagai aspek kehidupan, bahkan perilaku dan aktivitas manusia kini
banyak tergantung kepada teknologi informasi dan komunikasi. Mata
pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi dimaksudkan untuk
mempersiapkan peserta didik agar mampu mengantisipasi pesatnya
perkembangan tersebut.
Mata pelajaran ini perlu diperkenalkan, dipraktikkan dan dikuasai
peserta didik sedini mungkin agar mereka memiliki bekal untuk
menyesuaikan diri dalam kehidupan global yang ditandai dengan
perubahan yang sangat cepat. Untuk menghadapi perubahan tersebut
diperlukan kemampuan dan kemauan belajar sepanjang hayat dengan cepat
dan cerdas. Hasil-hasil teknologi informasi dan komunikasi banyak
membantu manusia untuk dapat belajar secara cepat. Dengan demikian
selain sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari, teknologi informasi
dan komunikasi dapat dimanfaatkan untuk merevitalisasi proses belajar
yang pada akhirnya dapat mengadaptasikan peserta didik dengan
lingkungan dan dunia kerja.
Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi pada jenjang SMA/MA
mencakup penguasaan keterampilan komputer, prinsip kerja berbagai
jenis peralatan komunikasi dan cara memperoleh, mengolah dan
mengkomunikasikan informasi. Mata pelajaran ini merupakan kelanjutan
dari pengenalan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang telah
diperoleh pada jenjang SMP/MTs, sekaligus sebagai bekal bagi peserta
didik untuk beradaptasi dengan dunia kerja dan perkembangan dunia
termasuk pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi.
B. Tujuan
Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bertujuan agar
peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Memahami teknologi informasi dan komunikasi
2. Mengembangkan keterampilan untuk memanfaatkan teknologi informasi
dan komunikasi
3. Mengembangkan sikap kritis, kreatif, apresiatif dan mandiri dalam
penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
4. Menghargai karya cipta di bidang teknologi informasi dan komunikasi.
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Teknologi informasi dan komunikasi
meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan untuk
mengumpulkan, menyimpan, memanipulasi, dan menyajikan informasi
2. Penggunaan alat bantu untuk memproses dan memindah data dari satu
perangkat ke perangkat lainnya.
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas X, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Melakukan operasi dasar komputer 1.1 Mengaktifkan dan mematikan
komputer sesuai dengan prosedur
1.2 Menggunakan perangkat lunak beberapa program aplikasi
2. Memahami fungsi dan proses kerja berbagai peralatan teknologi
informasi dan komunikasi
2.1 Mendeskripsikan fungsi, proses kerja komputer, dan telekomunikasi,
serta berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
2.2 Menjelaskan fungsi, dan cara kerja jaringan telekomunikasi
(wireline, wireless, modem dan satelit)
2.3 Mendemonstrasikan fungsi dan cara kerja perangkat lunak aplikasi
teknologi informasi dan komunikasi
3. Memahami ketentuan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
3.1 Menerapkan aturan yang berkaitan dengan etika dan moral terhadap
perangkat keras dan perangkat lunak teknologi informasi dan komunikasi
3.2 Menerapkan prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)
dalam menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak teknologi
Informasi dan komunikasi
3.3 Menghargai pentingnya Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) dalam
teknologi informasi dan komunikasi
Kelas X, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
4. Menggunakan Operating System (OS) komputer
4.1 Melakukan operasi dasar pada operating system (OS) komputer
4.2 Melakukan setting peripheral pada operating system (OS) komputer
4.3. Melakukan manajemen file
5. Menggunakan perangkat lunak pengolah kata
5.1 Menunjukkan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah kata
5.2 Menggunakan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah kata
5.3 Membuat dokumen pengolah kata dengan variasi tabel, grafik,
gambar, dan diagram
Kelas XI, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Menggunakan internet untuk keperluan informasi dan komunikasi
1.1 Menjelaskan berbagai perangkat keras dan fungsinya untuk
keperluan akses Internet
1.2 Mendeskripsikan cara akses Internet
1.3 Mempraktikkan akses Internet
1.4 Menggunakan web browser untuk memperoleh, menyimpan, dan
mencetak informasi
1.5 Menggunakan e-mail untuk keperluan informasi dan komunikasi
Kelas XI, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
2. Menggunakan perangkat lunak pengolah angka untuk menghasilkan informasi
2.1 Menggunakan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah angka
2.2 Membuat dokumen pengolah angka dengan variasi teks, tabel, grafik,
gambar, dan diagram
2.3 Mengolah dokumen pengolah angka dengan variasi teks, tabel,
grafik, gambar, dan diagram untuk menghasilkan informasi
Kelas XII, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Menggunakan perangkat lunak pembuat grafis
1.1. Menunjukkan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak
pembuat grafis
1.2. Menggunakan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak
pembuat grafis
1.3. Membuat grafis dengan berbagai variasi warna, bentuk, dan ukuran
Kelas XII, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
2. Menggunakan perangkat lunak pembuat presentasi
2.1 Menunjukkan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak
pembuat presentasi
2.2 Menggunakan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak
pembuat presentasi
2.3 Membuat presentasi teks dengan variasi tabel, grafik, gambar, dan diagram
E. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan
untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator
pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan
pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan
Standar Penilaian.
Nama : Nur Robi' Zainal Abidin, S.Pd
Alamat : Trimulyo Rt 03 Rw 02 Kecamatan Genuk Kota Semarang
No comments:
Post a Comment