Ternyata Stres Berat Bisa Bikin Badan Bau, Lho !

Tubuh yang segar dan bersih merupakan salah satu modal untuk tampil percaya diri. Itu sebabnya jika tubuh mengeluarkan bau tak sedap rasa percaya diri pun bisa lenyap. Masalah bau badan akibat keringat dapat dipengaruhi oleh berbagai hal, misalnya stres.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgipQvcA0zjJ5eU4BEvaX8AlvoBVB4necbiybUgXsbO1NOBXQikC1CV8VoEqSsj2fVODRtzqmDTXImeG39eMfg4ZDYX1XQppNZXSwICGqDymVvb8f0ipjb-tLz0iqqp6a8XeX3WEI3ZIh6H/s400/bau-badan.jpg
Secara tidak langsung stres memang berkontribusi pada terjadinya bau badan. Dalam keadaan stres tubuh menggunakan kelenjar keringat yang berbeda dengan kelenjar yang dipakai saat kita beraktivitas.
Rasa cemas dan perasaan tertekan akan merangsang kelenjar di ketiak, selangkangan, kulit kepala, telapak tangan dan kaki. Berbeda dengan keringat asin yang membasahi tubuh ketika suhu tubuh perlu diturunkan, keringat saat kita sedang stres mengandung lemak yang merupakan makanan bakteri.
Keringat pada dasarnya tidak berbau, tapi bakteri di kulit dan pakaian berkembang biak, mulailah terjadi proses pembusukan sehingga timbul bau tak sedap.
Solusinya? Biasakan menjalani segala sesuatu dengan rileks. Selain itu, kurangi jumlah bakteri di tubuh dengan mandi secara teratur dan menggunakan pakaian bersih. Gunakan deodoran anti bakteri yang tidak cuma menghilangkan bau tapi juga membuat kulit lebih asam sehingga tidak disukai bakteri.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment