Perkembangan Bentuk Bola Dari Waktu ke Waktu Dalam Gelaran Euro


Euro 2012 menjadi ajang pembuktian bagi negara-negara di Eropa untuk memperlihatkan kekuatannya. Perhelatan akbar paling bergengsi di benua biru sudah mengalami banyak perubahan sejak pertama kali digelar di tahun 1960. Di bawah kami tampilkan evolusi bola yang digunakan pada perhelatan Euro dari tahun ke tahun dimulai pada tahun 1972.

Euro 1972 - Telstar Mexico
Bola ini dipakai pada gelaran Piala Dunia 1970 dan juga di Euro 1972. Telstar sudah dilapisi polyurethane, senyawa plastik guna melindungi kulit bola agar tidak mudah rusak terkena air.


Euro 1976 - TelstarBola ini juga digunakan pada perhelatan Piala Dunia 1974. Bola ini dilapisi oleh bahan yang diberi nama Durlast, yang pada saat itu menjadi penemuan termutakhir untuk bisa mengurangi serapan air pada bola.

Euro 1980 - Tango River PlateCorak pada bola ini mungkin bisa dikatakan sebagai corak yang paling lama bertahan. Bola ini juga dipakai pada Piala Dunia 1978 dengan desain baru yang lebih menarik dan unik. Bola ini dibuat lebih tahan air dibandingkan generasi sebelumnya, corak yang digunakan di bola ini juga bertahan hingga tahun 2000.


Euro 1984 - Tango MundialMerupakan bola pertama yang bukan terbuat dari kulit dan dipakai di ajang Euro.


Euro 1988 - Tango Europa
Tak hanya memakai bahan dari kulit sintetis, bola ini juga dilapisi oleh polyurethane agar tidak mudah menyerap air.


Euro 1992 - Etrusco Unico
Desain pada bola ini diinspirasi oleh kepala singa dalam sejarah Etruscan.


Euro 1996 - Questra EuropaMawar Inggris dan emblem di seragam tim Inggris, three lions menjadi inspirasi dari corak bola ini.


Euro 2000 - Terrestra SilverstreamBola ditambah dengan busa agar permukaan menjadi lebih empuk, sementara desainnya diinspirasi oleh aliran sungai serta laut yang mengelilingi Belanda dan Belgia.


Euro 2004 - RoteiroSejarah kembali tercipta di gelaran Euro. Bola ini adalah bola pertama yang tidak dijahit pada proses pembuatannya. Bola ini juga diklaim lebih kuat dan tahan air. Sementara desain dan namanya terinspirasi dari Vasco da Gama.


Euro 2008 - EUROPASSBola ini adalah pengembangan berikutnya dari Roteiro, permukaannya lebih enak dipegang oleh kiper. Sedangkan desainnya terinspirasi dari Telstar.



Euro 2012 - Tango 12 Desainnya mirip sekali dengan bola klasik Tango yang digunakan pada awal 1980-an. Sementara teknologinya sendiri merupakan pengembangan dari Europass. Warnanya terinspirasi dari warna bendera tuan rumah, Polandia dan Ukraina.

Artikel Terkait Olahraga

No comments:

Post a Comment