Makanan Ini Redakan Sakit Kepala

Sakit kepala, atau secara medis dikenal Cephalalgia, merupakan suatu kondisi rasa nyeri di kepala. Terkadang, rasa sakit ada di belakang kepala, di leher atau di atas kepala.

Saat sakit kepala datang, biasanya Anda mungkin segera mengonsumsi obat pereda rasa sakit atau memilih tidur. Tapi, tahukah Anda kalau beberapa makanan bisa mencegah, bahkan meredakan sakit kepala?

Sebelum mengandalkan obat, coba saja konsumsi empat makanan berikut, yang dilansir melalui medicmagic, Jumat (3/2). Kandungan didalamnya akan sangat membantu Anda untuk meredakan sakit kepala.

Semangka
Menurut Stella Metsova, ahli nutrisi dari California, dehidrasi merupakan penyebab terbesar dari munculnya sakit kepala. Jadi, bila cuaca sedang panas dan Anda merasa pusing, bisa saja hal itu terjadi karena tubuh Anda kekurangan cairan.

Cobalah untuk konsumsi buah dan sayur yang mengandung banyak air, seperti semangka. "Banyak sayuran dan buah yang mengandung nutrisi dan cairan tinggi. Ini merupakan kunci untuk mencegah dan mengobati sakit kepala," ujar Metsova.

Roti Gandum
Untuk Anda yang sedang menjalani program diet rendah karbohidrat, maka berhati-hatilah. Asupan karbohidrat yang terlalu sedikit, justru membuat Anda mengalami sakit kepala.

"Ketika Anda menjalani diet rendah karbohidrat, penyimpanan glikogen akan terkuras. Glikogen merupakan sumber energi di otak, jadi saat persediaannya berkurang akan muncul rasa nyeri di kepala," kata Erin Palinski, seorang pakar diet.

Anda harus tetap memenuhi kebutuhan karbohidrat, cobalah mengonsumsi karbohidrat sehat seperti roti gandum atau nasi merah, yang lebih kaya serat.

Kacang Almond
Sebuah penelitian pernah menemukan bahwa magnesium, yang banyak terdapat di kacang almond, bisa meredakan sakit kepala. Magnesium berfungsi membuat pembuluh darah tidak tegang, sehingga peredaran darah jadi lebih lancar dan efektif.

Seseorang yang sering mengalami migrain, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya kandungan magnesium, seperti, pisang, avokad, almond dan nasi beras merah.

Yogurt
Tiba-tiba diserang sakit kepala, bisa jadi ini merupakan sinyal tubuh kalau Anda kekurangan kalsium. Menurut Palinski, otak sangat bergantung pada kalsium untuk bisa berfungsi secara efisien dan efektif. Untuk memenuhi kebutuhan Anda bisa mengonsumsi yogurt atau susu.

sumber:http://health.ghiboo.com/makanan-ini-redakan-sakit-kepala

Artikel Terkait Kesehatan

No comments:

Post a Comment