Awas Jebakan "Virus Valentine" Di Facebook

Valentine masih akan jatuh pada tanggal 14 Februari mendatang, tapi kegiatan clickjacking yang memanfaatkan laman social media di Facebook sudah menjalankan aksinya.

Baru-baru ini, Trend Micro, perusahaan keamanan telah menemukan dan mengidentifikasi malware valentine yang mengincar pengguna Facebook di seluruh dunia. 



Serangan itu dimulai dengan ditemukannya sebuah posting di wall pengguna dan orang lain, yang berisi ajakan untuk meng-klik dan meng-instal theme gratis bagi tampilan Facebook pribadi dengan nuansa khas Valentine.

Dikutip melalui keterangan resminya, Rabu (1/2/2012), Trend Micro mendeteksi installer tersebut sebagai TROJ_FOOKBACE.A, dan ketika dieksekusi maka TROJ_FOOKBACE.A akan mengeksekusi sebuah script yang menampilkan iklan dari situs-situs tertentu. 

Bagi pengguna yang meng-klik dan meng-instal melalui browser Google Chrome dan Mozilla Firefox, malware dengan sendirinya akan mengarahkan pada instalasi Facebook Environment/Facebook.com yang muncul di tab kanan atas halaman Facebook pengguna.

Selanjutnya dengan terinstal apikasi ini, maka akan memantau kegiatan pengguna sekaligus mengarahkannya pada sebuah halaman survei, yang meminta Anda memasukkan nomor ponsel. Bagi yang menggunakan browser Internet Explorer, tanpa harus mengintal Facebook Environment, Anda akan langsung diarahkan pada halaman survei.

Dari pantauan Trend Micro terhadap aktifitas browser, TROJ_FOOBACE.A  sampai saat ini tidak terjadi teknik pencurian data.  Tapi, Trend Micro, tetap memberikan peringatan agar pengguna tetap berhati-hati terhadap jebakan theme gratis bernuansa Valentine ini.


Sumber
http://techno.okezone.com/read/2012/02/01/55/567516/awas-jebakan-virus-merah-jambu-di-facebook

Artikel Terkait info unik teknologi

No comments:

Post a Comment