9 Tempat Paling Berpolusi di Dunia

9 tempat paling berpolusi di dunia
Bumi dipenuhi oleh polusi yang disebabkan manusia. Ketika populasi Bumi mendekati 7 miliar, Huffington Posts mencoba mendaftarkan kota-kota paling berpolusi di seluruh dunia. Dari data itu, Anda bisa mengetahui kota di mana tingkat kematian lebih besar daripada kelahiran atau lokasi tempat 50 ribu orang meninggal karena polusi udara. Salah satu dari 9 kota tersebut adalah kota di Indonesia.
  1. Linfen, China. Kota ini merupakan kota paling berpolusi di seluruh dunia. Hidup di kota itu dalam sehari sama saja menghirup 3 pak rokok. Menurut Mother Nature Network, pakaian yang dijemur bahkan sudah hitam sebelum kering. Polusi di sana disebabkan asap mobil dan limbah industri.
  2. Los Angeles, Amerika Serikat. Menurut American Lung Association, polusi ozon paling banyak di kota yang terletak di California ini. California Air Resourches Board menyebutkan ada 18 ribu orang mati sebelum waktunya karena polusi udara.
  3. Niger Delta, Nigeria. Kalau dirata-rata, sepanjang tahun terjadi 300 tumpahan minyak di sini. Selama 50 tahun, sudah terjadi tumpahan minyak sebanyak 9 hingga 13 juta tong oil. Sungai dan kehidupan marga satwa di sana sudah rusak akibat terkontaminasi minyak. Sekitar 90 persen kebocoran minyak disebabkan oleh pencuri yang menjebol pipa, demikian menurutShell.
  4. London, Inggris. Polusi udara di London disebabkan oleh kendaraan bermotor, pabrik, agrikultur, dan rumah tangga. Karena polusi udara, umur penduduk disana terpangkas sekitar 9 tahun dengan sekitar 50 ribu orang meninggal akibat polusi udara.
  5. Dzerzhinsk, Rusia. Antara 1930 hingga 1998, Dzerzhinsk merupakan tempat pembuangan 300 ribu ton limbah kimia sisa produksi senjata. Sebanyak 300 ribu orang terpapar oleh polusi akibat bahan kimia tersebut. Menurut Mother Nature Network, pada tahun 2003, tingkat kematian di kota ini lebih banyaj 260 persen ketimbang jumlah kelahiran.
  6. Phoenix, Amerika Serikat. Daerah Phoenix-Mesa-Scottsdale terpolusi oleh debu, jelaga, dan aerosol. Partikel polusi selalu ada sepanjang hari.
  7. Bandung, Indonesia. Citarum merupakan sungai paling berpolusi di Bumi. Padahal, sekitar 5 juta orang hidup di dekat sungai tersebut dan mengandalkan Sungai Citarum sebagai sumber air.
  8. La Oroya, Peru. Sekitar 35 ribu penduduk La Oroya merasakan dampak polusi timah, seng, tembaga, dan sulfur dioksida dari sebuah perusahaan pertambangan dan perikanan. Menurut Time, 99 persen anak-anak di sekitar pertambangan memiliki darah yang terpapar jauh dari level normal.
  9. Danau Karachay, Rusia. Tempat pembuatan senjata nuklir milik Rrusia ini membuat lokasi ini memiliki polusi radioaktif dengan level yang mematikan apabila seseorang terpapar selama 1 jam.
Sumber: Huffington Post
Foto: AP

Sumber: http://10keunikan.blogspot.com/2011/08/9-tempat-paling-berpolusi-di-dunia.html

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment