5 FAKTA UNIK TENTANG IKAN HIU

Kita mengenal ikan hiu adalah salah satu hewan terbuas. Dan selain terkenal kebuasannya, hiu juga memiliki data menyeramkan lainnya dari setiap organ tubunya. SMART NEWZ mencatat fakta unik ikan hiu dalam angka seperti di bawah ini. 


1. Indera Penciuman
Seekor hiu dapat mencium bau darah dari jarak sekitar 4 km. Kemampuannya mendeteksi darah dalam air laut mencapai satu bagian darah per 100 juta bagian air laut. Wow hebat sekali bukan! 





2. Gigi
Tahukah anda bahwa gigi hiu bukan hanya taja, tapi juga sangat kuat. Lihat saja kekuatan gigi seekor hiu setara dengan 6 ton per inchi persegi. 





3. Usia
Walaupun usianya tidak bisa disamakan dengan hewan purba yang bisa hidup hingga ratusan tahun, namun hiu juga memiliki umur yang panjang. Rata-rata seekor hiu dapat mencapai 100 tahun. 





4. Ketahanan Tubuh
Tanpa makanan, seekor hiu dapat bertahan hidup hingga 6 minggu. Rekor paling lama yang pernah diamati adalah hiu Swell dalam akuarium yang bertahan 15 bulan tanpa makanan. 





5. Ukuran Tubuh
Ukuran hiu memang berbeda-beda berdasarkan jenisnya. Dan yana paling besar adalah hiu paus nama latin Rhicondon typus. Panjangnya bisa mencapai 15 meter, dengan 300 jajar gigi super tajam dan ratusan gigi kecil lain di sela-selanya. Sementara hiu terkecil adalah hiu lentera katai atau Etmopterus peryy yang panjangnya hanya 20 cm. 




sumber http://www.smartnewz.info

Artikel Terkait artikel unik

No comments:

Post a Comment